Gunakan Binder Sebagai Pengganti Buku Tulis
Fakta yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar. Namun penggunaan binder bukanlah tanpa alasan, Beautynesian. Kamu akan menghemat pembelian buku tulis, yang jarang sekali habis setiap satu mata kuliah. Selain itu, kertas binder mudah dilepas dan dipasang kembali. Ketika sudah lulus satu mata kuliah, kamu hanya perlu melepas kertas-kertas catatan dan menyimpannya dalam folder. Ketika ada mata kuliah yang membutuhkan referensi dari mata kuliah sebelumnya, kamu hanya perlu mengambilnya dari folder kemudian memasangnya kembali dalam binder. Praktis, bukan?
source: https://the-room-mom.com/2013/06/26/american-girl-goes-to-school/


 



Ketika Mendapat Ide Untuk Makalah, Catat!


Hindari mengerjakan tugas-tugas kelompok atau makalah di detik-detik terakhir, Beautynesian. Ketika berada di bawah tekanan, sulit bagimu untuk berpikir dan mengerjakan tugas secara maksimal. Akibatnya, kamu hanya mengerjakan asal-asalan dan nilai pun pas-pasan. Ketika mendapat tugas, segera petakan jawabanmu dan catat ide-ide atau pertanyaan yang terlintas. Setidaknya kalau kamu terpaksa membuat tugas di saat mepet, kamu punya bahan tulisan.
source: https://www.shutterstock.com/video/clip-13352339-stock-footage-education-people-children-and-learning-concept-happy-school-girl-with-books-writing-to-notebook.html?src=rel/14860822:0
baca juga



Suntuk Mengerjakan Tugas? Bangun dan Bergeraklah


Merasa suntuk saat mengerjakan tugas? Bangkitlah sebentar dari kursi dan bergeraklah, misalnya lakukan olahraga singkat atau berjalan-jalan. Olah tubuh akan membuatmu merasa segar dan bertenaga kembali. Mengistirahatkan otak juga akan menambah efektivitas kinerja otak dalam jangka panjang.
source: https://speedypaper.com/?rt=24yF2Zoo


Hindari Lupa Menyimpan Tugas


Pernah nggak, lupa men-save atau menyimpan tugas di komputer, lalu kamu tanpa sengaja menutup aplikasinya? Ubah pengaturan Microsoft Word agar selalu menyimpan file secara otomatis.

Auto Save di Microsoft Word 2010, 2013, 2016:

  • Klik file, lalu klik options, lalu klik save.
  • Pastikan pilihan "Save AutoRecover information every __ minutes" telah diberi tanda centang.
  • Isi keterangan menit. Misalnya kamu ingin dokumen disimpan setiap satu menit sekali, ketik angka 1.
  • Pastikan pilihan "Keep the last autosaved version if I close without saving" telah diberi tanda centang.
source: http://clark.com/personal-finance-credit/how-to-manage-money-prevent-overdrawing-your/
baca juga



Obat dan Alat Kesehatan


Setelah memulai perkuliahan, kemungkinan besar kamu akan menghabiskan banyak waktu di kampus. Berbeda dengan sekolah, tiap kelas atau jurusan nggak memiliki obat-obatan seperti kotak P3K. Maka dari itu, sebaiknya kamu selalu membawa obat-obatan dan peralatan yang kamu butuhkan, seperti:
  • tisu
  • hand sanitizer
  • plester luka
  • pembalut
  • obat-obatan seperti obat pusing, sakit kepala, demam, dsb.
  • obat-obatan khusus (misalnya kalau kamu punya penyakit anemia, kamu wajib membawa obat penambah darah)
  • vitamin, Tolak Angin, dsb. 
source: http://www.womenshealthmag.com/health/first-aid-kit-must-haves


Pilih Mata Kuliah Keahlianmu Untuk Menambah IPK


Bila hidup adalah roda yang berputar, maka sama halnya dengan kehidupan perkuliahan. Tak mungkin kamu selalu berhadapan dengan mata kuliah yang kamu pahami. Ketika ada mata kuliah wajib yang tergolong sulit dan nggak kamu pahami, mau tak mau kamu harus rela mendapat nilai dibawah harapan, meski kamu sudah bekerja keras.

Solusinya, manfaatkan mata kuliah di tahun pertama atau mata kuliah yang kamu kuasai untuk menambah IPK. Rata-rata mata kuliah di tahun pertama akan lebih mudah, karena masih seputar dasar-dasar ilmu atau ilmu pengantar.
source: http://www.mirror.co.uk/news/uk-news/a-level-results-boys-beat-girls-1264877



Saat Ujian


Kamu tergolong orang yang panik saat ujian, sehingga mudah lupa dengan jawaban yang akan kamu tulis? Ada beberapa trik yang dapat kamu coba. Pertama, semprot wewangian yang asing untukmu ketika belajar. Sebelum ujian, gunakan parfum yang sama. Kedua, kunyah permen karet dengan rasa tertentu saat belajar, kemudian makanlah permen karet yang sama saat hendek ujian. Kedua hal ini dapat membantumu mengingat hal-hal yang sebelumnya kamu pelajari. Ketiga, saat ujian, petakan jawabanmu terlebih dahulu dengan pensil. Tulis kata kunci atau referensi untuk menjawab tiap soal. Setelah itu, tulis jawaban esai dengan tenang.
source: http://www.dailymail.co.uk/femail/article-2282550/Two-scarred-children-shattering-testimony-shows-divorce-damage-lives-forever.html