source: http://boredomtherapy.com/kids-napping/


1. Mengurangi Stres

Buat kamu yang memiliki aktivitas yang super padat dan membutuhkan konsentrasi sepanjang hari, hati-hati yah, karena kamu lebih rentan untuk mengalami stres. Bagaimana tidak, banyaknya aktivitas yang dikerjakan dapat membuat otak tegang karena digunakan secara terus menerus, dan bisa membuat otak terbebani dan stres. Karenanya, kamu butuh istirahat sejenak dengan melakukan tidur siang. Yup! cukup tidur beberapa menit saja supaya kamu bisa mengoptimalkan seluruh organ tubuh dan mendapatkan energi kembali untuk menjalani aktivitas.
baca juga



2. Menyehatkan Jantung & Mencegah Stroke

Ternyata tidak hanya sekedar mengembalikan energi lho, namun tidur siang juga mampu mencegah kamu dari penyakit-penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Coba rasakan, jika kamu kurang tidur, pasti jantung berdetak lebih kencang. Kurang tidur memang tidak baik untuk jantung, karena itu jangan pernah memaksakan diri untuk begadang dan lakukan tidur siang selama 20-40 menit setiap harinya untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke ya.



3. Menjaga Keseimbangan Hormon

Jika bisa membuat kamu terhindar dari berbagai macam penyakit, tentunya tidur siang juga mampu menjaga kesehatanmu dong. Tidur siang dapat menjaga keseimbangan hormon tubuh, dan sebaliknya, kurang tidur dapat menyebabkan hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh bertambah. Selain mengakibatkan stres, hormon ini juga dapat meningkatakan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh. Tidak mau kan, hal ini terjadi padamu? Yuk, mulai biasakan tidur siang!
baca juga



4. Membuang Racun dalam Tubuh

Pernah bertanya-tanya kenapa setelah tidur siang tubuhmu mengeluarkan keringat? Tidak diragukan lagi, jawabannya adalah karena saat tidur siang, racun-racun di dalam tubuh dikeluarkan lewat keringat. FYI, selain malam dan pagi hari, tubuh juga mengalami proses detoksifikasi atau pengeluaran racun pada siang hari mulai sekitar pukul 13.00 lewat tidur. 



5. Membuat Kamu Lebih Produktif

Eventually, manfaat-manfaat yang kamu dapat dari tidur siang juga berpengaruh pada tingkat produktivitasmu. Jika kamu feel refreshed setelah tidur siang, otomatis kamu juga akan lebih fokus dan bersemangat untuk melakukan aktivitas seperti bekerja, belajar, dan lainnya. 

So, have you believed in the power of napping now?

source: http://mashable.com/2013/10/07/tired-gifs/#pRAhYt.omPqO