1. Meningkatkan Daya Ingat

Meski hanya sebentar saja, rupanya tidur siang dapat meningkatkan daya ingat pada otak lho. Sehingga, setelah bangun tidur, otak akan lebih segar serta mudah untuk mengingat dan memahami sesuatu. Jika kamu masih berstatus pelajar, mahasiswa, maupun pekerja kantoran, tidur siang tentu baik untuk membuat kondisi tubuhmu dan pikiran tetap prima. 



2. Meningkatkan Kadar Kewaspadaan

Sebuah studi dari NASA menemukan, tidur siang selama 40 menit akan meningkatkan kewaspadaan hingga 100 persen. Disamping itu, ada penlitian lain yang menyebutkan bahawa 20 menit tidur siang lebih efektif ketimbang mengonsumsi 200 mg kafein maupun olahraga. Bahkan, ada penelitian lebih lanjut yang dilakukan kepada pilot yang diizinkan tidur siang selama 25 menit dan digantikan oleh co-pilot. Hasilnya, pilot melakukan kesalahan take-off dan pendaratan lebih sedikit ketimbang pilot yang tidak melakukannya. See? Tidur siang ternyata sangat penting agar kamu tidak mudah lengah.

baca juga



3. Meningkatkan Mood

Neurotransmitter serotonin mengatur suasana hati, tidur, dan selera. Sayangnya, ketika stres, serotonin yang dibutuhkan juga lebih tinggi. Sementara itu, tubuh tak dapat memproduksi serotonin saat tubuh dan pikiran mengalami stres. Maka dari itu, tidur siang dapat berguna untuk menggenangi otak dengan serotonin agar stres dapat berkurang.



4. Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreativitas

Tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik yang sama efektifnya seperti tidur malam. Tak hanya itu, saat pikiran fresh, kamu tentu akan mendapatkan ide-ide baru dan menjadi lebih kreatif.

baca juga



5. Mengatasi Insomnia

Sering insomnia di malam hari? Solusinya bisa kamu lakukan dengan tidur di siang hari. Tak perlu berlama-lama tidur siang, kamu hanya perlu tidur secukupnya saja. Jika hal sepele ini diabaikan, insomnia justru akan membuatmu kelelahan, daya ingat menurun, sulit untuk berkonsentrasi, hingga pada penurunan kualitas kerja dan meningkatkan risiko kecelakaan, lho!

source: https://metrouk2.files.wordpress.com