source: https://www.makeup.com



#1 Tidak Membersihkan Makeup Sponge Secara Menyeluruh
 

Kamu mungkin tidak pernah membayangkan bahwa ketika mennggunakan makeup sponge, hal yang terjadi saat itu juga adalah bakteri yang tersebar kemana-mana. Termasuk menyebar pada makeup sponge-mu. Sehingga, untuk menjaga kebersihan kulitmu dan juga alat makeup, sebaiknya cucilah sponge at least seminggu sekali. Akan lebih baik lagi jika kamu selalu membersihkannya setelah selesai menggunakan makeup. Bersihkan makeup sponge hingga tak ada residu yang tertinggal, kemudian keringkan dengan handuk sebelum menyimpannya.

baca juga



#2 Tidak Menyimpan Makeup Sponge Dengan Benar

Jangan pernah meletakkan spons basah pada wadah makeup yang tertutup rapat! Sebab, hal tersebut akan mengakibatkan pertumbuhan bakteri yang cepat dan membuat makeup sponge berbau apek! Maka dari itu, setelah makeup sponge dibersihkan, keringkan sponge hingga tak terasa basah sama sekali di tempat yang benar-benar kering. Atau, letakkan makeup sponge di makeup organizer dengan sirkulasi udara yang cukup.



#3 Menggunakannya Saat Kering

Agar tampilan makeup lebih sempurna dan flawless, jangan lupa untuk membasahi makeup sponge terlebih dahulu. Eits, tapi tidak direndam ya, namun hanya dibasahi sebentar saja. Setelah itu, peras makeup sponge dan tepuk-tepukkan pada handuk untuk mengurangi kelembapan berlebih.

baca juga



#4 Tidak Menggunakannya Dengan Cara Ditepuk-Tepuk

Bagaimana caramu menggunakan makeup sponge? Apakah kamu sering menggunakannya dengan cara menarik produk dan meratakannya untuk meng-cover seluruh wajah? Then, you're doing it wrong! Meratakan produk makeup dengan menarik makeup sponge justru membuat foundation terlihat bergaris-garis. Selain itu, blush on dan bronzer akan mudah blotchy. Maka dari itu, penggunaan yang tepat adalah dengan cara ditepuk-tepukkan supaya produk makeup tampak menyatu dengan kulit wajah.



#5 Hanya Menggunakan Makeup Sponge Untuk Makeup Bertekstur Krim

Makeup sponge tak hanya dapat digunakan unutk mengaplikasikan makeup bertekstur krim saja, tetapi makeup bertekstur cair juga dapat diaplikasikan dengan makeup sponge, lho. Ditambah lagi, dengan makeup sponge, kamu dapat dengan mudah membubuhkan loose powder untuk mengunci concealer dan menciptakan makeup look yang lebih tahan lama.



#6 Tidak Menggunakannya Dengan Produk Skin Care

Tidak hanya dapat digunakan untuk mengaplikasikan makeup, makeup sponge yang basah juga dapat digunakan untuk mengaplikasikan primer, serum, moisturizer, dan sunscreen. Bahkan, jika kamu tak memiliki brush untuk mengaplikasikan facial mask, kamu dapat menggunakan makeup sponge sebagai alternatif kuas masker!