Kulitmu memang membutuhkan perawatan eksfoliasi untuk membersihkan kulitmu dari sel kulit mati dan kotoran agar tidak menyumbat pori-pori. Plus, eksfoliasi juga penting untuk mencerahkan kulit wajah dan menjaganya agar tetap halus. Tapi, jika eksfoliasi tidak dilakukan dengan benar, hal ini bisa menyebabkan iritasi dan penipisan pada kulit lho. Jadi, yuk ketahui cara eksfoliasi kulit wajah yang benar langsung dari skin care expert Stacy Cox agar hasilnya lebih optimal dan tidak iritasi!
 

source: http://stylecaster.com/beauty/how-to-treat-over-exfoliated-skin/


(1) Lakukan Secara Rutin


Perawatan eksfoliasi harus kamu lakukan secara rutin minimal seminggu sekali agar kamu mendapatkan hasil perubahan yang signifikan. Kalau kamu hanya melakukannya sebanyak satu kali seminggu, don't even expect a great result!


(2) Pilih Jenis Eskfoliator yang Cocok untuk Jenis Kulitmu
Ketika kamu memilih jenis eksfoliator, sebaiknya sesuaikan dengan jenis kulitmu karena beberapa jenis eksfoliator bisa terlalu keras untuk  jenis kulit tertentu. Untuk pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari eksfoliator mengandung scrub karena formulanya terlalu kasar untuk kulit sensitif. Lebih baik, gunakan exfoliating gel yang lebih lembut. Sementara untuk pemilik kulit kering, exfoliator scrub akan sangat cocok untukmu karena butiran scrub-nya bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk karena kulit kering. 


(3)  Selalu Ikuti Instruksi Pemakaian yang Dianjurkan
Coba deh, apakah kamu sudah mengikuti instruksi pemakaian ketika kamu menggunakan produk eksfoliator? Kalau kamu selama ini mengabaikan instruksi pemakaian, sekarang sudah saatnya kamu mengubah kebiasaan burukmu itu. Hal ini karena masing-masing produk memiliki cara penggunaan yang berbeda, sehingga jika kamu salah menggunakannya, bisa saja hal ini memicu timbulnya permasalahan kulit lainnya. 


(4) Eksfoliasi Kulitmu dengan Lembut
Ketika kamu menggunakan eksfoliator dengan tekstur scrub, kamu harus menggunakannya secara lembut agar tidak melukai permukaan kulitmu. Kamu bisa memijat-mijatkannya secara lembut dengan gerakan memutar untuk meluruhkan sel kulit mati. Lalu, hindari juga membilas wajahmu dengan air yang terlalu panas ya Beautynesian. Sebaiknya, selalu bilas wajahmu dengan air hangat-hangat kuku. 


(5) Jangan Lupa untuk Mengeksfoliasi Area Sekitar Wajah
Ini dia kesalahan yang sering dilakukan saat eksfoliasi, yaitu tidak mengeksfoliasi area leher. Padahal, hal ini bisa menyebabkan warna kulit yang belang atau terlihat tidak rata antara warna kulit wajah dan leher. Karena itu, jangan lupa juga untuk mengeksfoliasi area lehermu ya!


(6) Selalu Gunakan Pelembap Setelah Eksfoliasi
Setelah kamu selesai mengeksfoliasi kulit, jangan lupa untuk menggunakan moisturizer untuk memberikan kelembapan. Seperti yang kamu tahu, eksfoliasi akan membuat kulit menjadi kering, sehingga moisturizer sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap lembap. Selain itu, kandungan di dalam moisturizer juga bisa menenangkan kulit yang iritasi akibat eksfoliasi.
 
source: https://www.birchbox.com/magazine/article/how-to-use-skincare-tools