Stress

Terlalu banyak pikiran atau stress menjadi salah satu hal yang paling berpengaruh pada kulit. Bahkan hasil riset mengatakan bahwa stress dapat menjadikan wajah kamu terlihat lebih tua 10-15 tahun lho! Hal ini dikarenakan terjadinya penurunan kemampuan kulit untuk melindungi dirinya. Kulit kamu juga akan lebih mudah kusam karena berkurangnya melanin pada lapisan kulit.


 

<baca juga>

Waktu Tidur Yang Kurang

Sadar atau tidak, kurangnya waktu tidur pada malam hari juga berpengaruh pada wajah. Hal ini dapat terlihat dari wajah kamu yang tampak lesu dan kusam ketika bangun dipagi hari. Waktu tidur kamu yang singkat akan membuat proses regenerasi kulit tidak berjalan dengan sempurna. Oleh karena itu, usahakan untuk tidur minimal 6 jam pada malam hari agar wajah kamu selalu terlihat sehat dan segar.
source: https://www.hypervibe.com/us/blog/lack-of-sleep-hormones-and-weight-gain/


 

Mengonsumsi Makanan Yang Tidak Sehat

Sebagian dari kamu mungkin lebih memilih untuk membeli makanan siap saji karena lebih praktis dan menghemat waktu. Namun, kamu perlu tahu bahwa mengonsumi junk food setiap hari dapat berdampak pada kerusakan kulit. Mengonsumsi junk food akan membuat tubuh kamu kekurangan nutrisi yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, sebaiknya kamu lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur agar kulit tetap sehat.

source: http://fashionhealthbeauty.com/junk-food-a-source-of-many-problems/


 

<baca juga>

Kurang Minum Air Putih

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, air putih juga dapat membantu meremajakan kulit kamu lho! Dengan banyak minum air putih, kulit wajah kamu akan terlihat lebih segar dan sehat. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya mengonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari seperti yang disarankan oleh para ahli. Hal ini bertujuan agar kamu terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan penuaan dini.

source: http://www.fitday.com/fitness-articles/nutrition/healthy-eating/5-little-known-benefits-of-drinking-water.html


 

Penggunaan Makeup Secara Berlebihan

Sebagian dari kamu mungkin seringkali menggunakan makeup untuk menutupi berbagai kekurangan pada wajah agar terlihat sempurna. Namun makeup juga dapat merusak kulit kamu jika penggunaannya tidak tepat. Salah satu contohnya adalah dengan memakai concealer yang dapat membuat kulit bawah mata menjadi kering dan keriput. Maka, sebaiknya kamu menggunakan pelembap terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan makeup ya!

source: https://www.beautylish.com/a/vxiir/makeup-application-tips