source: http://www.doktercantik.com/6673/5-langkah-make-up-untuk-kulit-sawo-matang.html

Jika kamu percaya dengan beauty standard yang mengatakan bahwa kulit cantik adalah kulit yang berwarna terang atau fair skin, kamu salah. Kulit sawo matang seperti yang dimiliki kebanyakan wanita Indonesia ternyata memiliki kelebihan tersendiri lho! First, kulit sawo matang memiliki lapisan kulit yang lebih tebal, sehingga tidak mudah mengalami penuaan dini. Tak hanya itu, kulit sawo matang juga mengandung lebih banyak melanin sehingga menurunkan risiko untuk mengalami kanker kulit. 

Well, jika kamu adalah salah satu wanita yang memiliki warna kulit sawo matang, you should be grateful! Namun, untuk memilih makeup yang sesuai untuk kulit sawo matang memang diperlukan tips dan trik khusus. Tenang saja, menemukan makeup yang cocok tidak sesulit yang kamu kira kok! Coba ikuti beberapa tips dan langkah di bawah ini!



1. Bersihkan Wajah dan Gunakan Pelembap

Yup, clean and moisturize first! Apapun warna kulitmu, langkah ini wajib dilakukan. Selain terbebas dari kotoran dan minyak, wajah yang bersih dan lembap akan memudahkan kamu untuk mengaplikasikan makeup selanjutnya. So, you should never skip this step, ever!


2. Perhatikan Base Makeup

Setelah kulit bersih dan lembap, kamu bisa menggunakan alas bedak atau base makeup.  Nah, ini dia step yang krusial untuk kamu yang memilki warna kulit sawo matang. Kamu harus teliti dan cermat dalam menentukan warna base makeup yang sesuai dengan kulitmu. Baik itu bb cream, foundation, dan sebagainya. Pastikan kamu mengetahui undertone kulit dan memilih warna yang satu tingkat lebih terang dari kulit aslimu.


3. Gunakan Loose Powder

Kenapa harus bedak tabur? Jika kamu ingin mendapatkan hasil makeup yang natural, loose powder lebih sesuai digunakan dibandingkan dengan compact powder. Formula loose powder cenderung lebih ringan dan tidak menymbat pori-pori wajah, sehingga cocok untuk melengkapi daily look kamu. 


4. Pilih Warna Eyeshadow yang Sesuai

Siapa bilang memilih warna eyeshadow untuk kulit sawo matang itu susah? Banyak lho, pilihan warna yang bisa kamu gunakan untuk memperindah tampilan matamu. Jadi, tak perlu bingung saat memilih eyeshadow untuk kulit sawo matang. Kuncinya simpel kok, kamu cukup pilih warna-warna earth tone. Kamu bisa gunakan warna gold, peach, atau coral jika ingin tampak lebih stand out dan glamor. Atau bisa juga kamu memilih warna-warna netral seperti cokelat tua dan coklat muda untuk tampilan yang lebih natural.


5. Gunakan Blush On Berwarna Netral

Supaya tidak salah pilih warna blush on, akan lebih aman jika kamu tetap memilih warna-warna netral. Kamu bisa memilih warna blush on yang memiliki warna dasar peach atau cokelat keunguan. Warna tersebut akan memberikan kesan warm dalam penampilanmu yang dapat membuat kamu tampak lebih manis dan cantik. Namun, untuk kamu yang tidak cocok dengan kedua warna di atas, coba saja warna blush on lainnya seperti coral, broze, orange, wine dan rose. See? There are many options for your beautiful skin!


6. Terakhir, Gunakan Lipstik!

Rasanya tidak lengkap yah, jika kamu belum menggunakan lipstik. Untuk lipstik, kamu pasti tidak akan kesusahan untuk menemukan warna yang cocok, karena sudah terdapat berbagai macam produk luar maupun lokal yang menawarkan berbagai macam shade pula. Warna-warna netral seperti merah dan cokelat pasti akan terlihat cantik di bibirmu!
 

baca juga
source: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com