source: https://www.makeup.com/bb-cream-vs-foundation?otm_medium=onespot&otm_source=onsite&otm_content=category-landing:main-onespot

As we know, produk BB Cream kini telah menjadi favorit wanita dalam daftar makeup mereka. Sebab, BB Cream tak hanya memberi coverage layaknya foundation, namun juga memberikan manfaat all-in-one makeup seperti skincare dan SPF dalam satu produk. Jika dilihat secara kasat mata, barangkali kamu berpikir bahwa BB Cream merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan foundation. Tetapi, inilah yang patut dipertanyakan. Apakah produk BB Cream benar-benar dapat mengungguli produk foundation?

Dilansir dari laman situs kecantikan makeup.com, Dr. Marina Peredo, seorang dermatologis sekaligus makeup artist based in Smithtown, New York, membeberkan perbandingan kemampuan antara BB Cream dan foundation untuk melihat manakah diantara produk tersebut yang baik untuk kamu gunakan. 



Coverage


Jika kamu memilih coverage sebagai hal yang utama dalam makeup routine-mu, kamu dapat memilih foundation. Pasalnya, kebanyakan dari BB Cream tidak memiliki coverage yang cukup untuk menutupi redness pada wajah. Ditambah lagi, jika kamu lebih menginginkan coverage wajah yang dapat tahan sepanjang hari, berarti foundation-lah jawabannya.

baca juga



Perlindungan Terhadap Matahari


Memang sih, banyak produk foundation kini dilengkapi dengan kandungan SPF. Sayangnya, level perlindungan SPF tersebut terlalu kecil untuk dipakai sebagai perlindungan kulitmu tiap harinya. Sehingga, jika pertimbangan makeup yang kamu butuhkan adalah untuk melindungimu dari sinar matahari, maka jawabannya adalah BB Cream.



Hidrasi


Moisturizing foundation memang telah banyak diproduksi. Terutama, foundation yang dirancang khusus untuk pemilik kulit kering. Tetapi, jika hidrasi kulit yang kamu butuhkan, BB Cream masih lebih unggul. Sebab, pada dasarnya, kebanyakan BB Cream mengandung tinted moisturizer yang efektif menjaga kelembapan sekaligus memberikan coverage.
baca juga



Shade Range


Mayoritas dari BB Cream memiliki shade paten seperti light, medium, dan dark. Jika kulitmu sulit cocok dengan shade BB Cream, kamu mungkin perlu menambahkan ekstra BB Cream lagi dengan shade yang berbeda. Tak ayal, shade wajahmu bisa jadi tak terkontrol! Untuk itulah, kalau kamu juga mementingkan shade yang cocok pada wajahmu, foundation yang memiliki shade range lebih banyak lah yang menjadi pilihanmu.



Untuk Kulit Berjerawat


Foundation mungkin saja dapat menutup jerawatmu. Akan tetapi, penggunaan BB Cream lebih tepat jika kamu sedang melakukan perawatan jerawatmu itu. Bila perlu, gunakan BB Cream yang berlabel oil-free sebagai base makeup-mu.



Kerja Produk


Bila membandingkan antara kerja foundation dan kerja BB Cream, sudah tampak jelas bahwa BB Cream memiliki banyak fungsi. Selain memberikan light coverage, BB Cream juga mengandung sunblock, skincare, bahkan antioksidan dalam satu produk jika dibandingkan dengan foundation. So, the answer is BB Cream!



Kesimpulan


Dilihat dari perbandingan di atas, BB Cream dan foundation mungkin sama-sama baik untuk makeup-mu. Akan tetapi, semua tergantung dari kebutuhanmu. Apabila kamu menginginkan kulit tetap sehat dengan produk yang dapat multitasking, BB Cream adalah produk yang dapat kamu pilih. Akan tetapi, jika kamu membutuhkan coverage dan shade warna kulit yang lebih luas, serta tak keberatan menghabiskan banyak waktu untuk dandan, maka foundation-lah jawabannya.