Bagi pemula dalam dunia make up, mungkin masih sedikit asing dengan yang namanya primer. Sebenarnya apasih primer itu? Jadi primer adalah bagian dari base make up yang bersifat seperti pelembap. Primer inilah yang digunakan sebagai lapisan pelindung kulit agar tidak langsung bersentuhan dengan make up. Primer diaplikasikan setelah menggunakan seluruh rangkaian skin care dan sebelum mengaplikasikan foundation ataupun base make up lainnya.

Lalu apakah penting menggunakan primer? Menggunakan primer memang bukan sebuah keharusan dan boleh - boleh saja dilewatkan apabila sudah menggunakan pelembab. Namun, banyak manfaat dari primer yang tidak didapatkan dari pelembab. Salah satu manfaatnya adalah primer dapat membantu menahan minyak di wajah sehingga make up dapat bertahan lebih lama, serta mampu mengisi pori - pori di wajah sehingga tampilan make up lebih smooth dan flawless.

source: http://www.today.com/style/bobbie-s-buzz-4-essential-face-primers-help-conceal-smooth-t83566

Agar penggunaan primer dapat menunjang tampilan make up maka ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu cara menggunakannya dan cara memilih jenis primer nya. Primer tidak boleh digunakan secara berlapis - lapis dan cukup seukuran biji kacang saja untuk seluruh area wajah jika tidak ingin membuat tampilan make up menjadi terlihat menggumpal. Jenis primer yang digunakan juga perlu disesuaikan dengan kondisi kulit penggunanya. Jenis primer untuk kulit kering akan berbeda dengan untuk kulit berminyak, begitu seterusnya. Agar tidak salah dalam memilih maka perhatikan penjelasannya berikut ini.

Kulit Kering


Kulit kering memerlukan perhatian lebih jika ingin menghasilkan tampilan make up yang sempurna. Permasalahan kulit kering biasanya adalah kulit terlihat kusam dan mengelupas. Apabila base make up yang digunakan tidak sesuai maka make up tidak akan dapat menempel dengan baik. Untuk pemilihan primer, hindari memilih primer dengan formula matte jika tidak ingin dry patches di wajah semakin terlihat jelas. Pilih primer dengan kandungan moisturizer yang tinggi dan mempunyai kandungan partikel pemantul cahaya sehingga nantinya kulit terlihat lebih glowing. Salah satu primer yang bisa digunakan untuk pemilit kulit kering adalah Make Over Hydration Serum. Kandungan aloe vera di dalamnya mampu membuat kulit terlihat lebih cerah dan lembab.
source: http://www.ranioktavia.com/2016/04/review-make-over-hydration-serum.html
baca juga

Kulit Normal


Pemilik kulit normal cenderung mudah dalam memilih produk make up karena tidak memiliki permasalahan khusus pada kulitnya. Hampir semua jenis primer dapat digunakan bergantung pada hasil yang diinginkan. Misal, jika ingin tampilan yang lebih flawless maka gunakan primer yang bersifat matte. Untuk menghasilkan tampilan yang lebih dewy maka bisa menggunakan primer yang mengandung partikel pemantul cahaya. Namun, jangan menggunakan primer yang bersifat mengecilkan pori - pori karena umumnya pemilik kulit normal tidak memiliki pori - pori yang besar.
 
source: http://www.glitzmedia.co/post/cara-memilih-primer-makeup-yang-tepat-sesuai-jenis-kulit-wajah?page=2

Kulit Kombinasi


Kulit kombinasi adalah ketika kulit terasa berminyak di daerah T-zone namun normal cenderung kering di bagian lainnya. Jenis kulit yang seperti ini perlu menggunakan dua jenis primer sekaligus agar hasilnya maksimal. Gunakan primer bersifat matte atau pore minimizing di bagian T-zone agar dapat mengunci minyak yang ada. Sedangkan untuk bagian yang lain, gunakan primer yang bersifat melembabkan agar tidak memperparah tampilan dry patches.

Jika ingin lebih praktis, maka bisa menggunakan primer yang bersifat matte namun memiliki formula yang ringan. Formula yang ringan ini penting saat memilih primer untuk kulit kombinasi karena nantinya ketebalan primer akan disesuaikan dengan tingkat oilness pada wajah. Salah satu primer yang bisa digunakan untuk kulit kombinasi adalah Mattifying Face Primer dari H&M.
source: http://www.idealista.fi/lackofcolour/hm-beauty-fiiliksia/
baca juga

Kulit Berminyak


Jika memiliki kulit berminyak tentu perlu menggunakan semua make up yang bersifat matte, termasuk juga dengan primer. Primer dengan sifat matte dapat meminimalisir munculnya minyak berlebih pada wajah yang membuat tampilan make up menjadi mudah "geser". Formula lain yang juga bisa dipilih adalah yang memiliki klaim sebagai pore minimizer atau pore filler karena umumnya pemilik kulit berminyak memiliki pori - pori kulit yang cenderung besar. Primer yang bisa dicoba oleh pemilik kulit kering salah satunya adalah NYX Pore Filler dan NYX Shine Killer.
source: http://www.ebay.com/itm/2-NYX-Pore-Filler-amp-Shine-Killer-Set-034-POF01-SK01-034-Face-Primer-Joy-039-s-cosmetics-/251248114081

Kulit Sensitif


Kulit sensitif cenderung rentan berjerawat, sehingga primer diperlukan sebagai lapisan kulit agar tidak bersentuhan langsung dengan produk make up. Namun, memilih primer untuk kulit sensitif juga perlu berhati - hati. Pastikan primer yang digunakan memiliki formula yang fragrance-free, anti bakteri, dan ringan di wajah sehingga tidak menimbulkan iritasi di kulit.

Kulit sensitif juga cenderung memiliki banyak kemerahan di wajah, sehingga ada baiknya juga menggunakan primer yang berwarna kehijauan untuk menetralkan warna wajah tanpa menggunakan concealer atau foundation lagi. Salah satu primer yang bisa digunakan oleh kulit sensitif adalah Make Over Corrective Base Make Up yang berwarna hijau.
source: http://cantiknyaqonita.blogspot.co.id/2013/07/make-up-make-over-corrective-base-make.html

Nah, itu dia tips menggunakan dan memilih primer yang tepat bagi para pemula. Penggunaannya memang tidak diharuskan namun jika menggunakan primer mampu membuat make up terlihat lebih flawless dan tahan lama mengapa tidak dicoba?