1. Bersihkan Wajah

Sebelum mulai menggunakan makeup, ada baiknya kamu mencuci muka terlebih dahulu agar minyak dan kotoran pada wajah sepenuhnya terangkat. Gunakan sabun cuci muka yang mengandung glycolic acids atau salicylic acid untuk mengurangi produksi minyak pada wajahmu.

source: http://caramembersihkanwajah.com/


 

<baca juga>

2. Menggunakan Moisturizer

Sama seperti kulit kering atau normal, kulit berminyak pun tetap membutuhkan moisturizer atau pelembap lho. Ketika kulit tidak diberi pelembap, lapisan dermis akan terus memproduksi sebum atau minyak sehingga minyak wajah semakin bertambah parah. Sebaiknya, gunakan pelembap berbahan dasar air seperti gel atau lotion yang ringan agar wajah tidak terlihat semakin oily.

source: https://www.tokopedia.com


 

3. Menggunakan Primer

Primer berfungsi agar makeup yang dipakai menjadi lebih tahan lama. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi yang memiliki kulit berminyak untuk mengoleskan primer terlebih dahulu, minimal di daerah yang paling sering berminyak seperti T-zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu.

source: https://kawaiibeautyjapan.com


 

<baca juga>

4. Hindari Penggunaan Concealer sebagai Primer pada Mata

Penggunaan concealer sebagai eye primer pada kulit yang berminyak ternyata dapat menyebabkan creasing. Akan lebih baik jika kamu menggunakan primer yang memang spesifik dibuat untuk mata. Primer ini akan menyerap minyak yang menyebabkan creasing pada mata sepanjang hari sehingga riasan pada mata akan bertahan lebih lama.

source: http://www.carolthompsonbeautysecrets.com


 

5. Jangan Memakai Bedak Terlalu Banyak

Selama ini mungkin kau berpikir bahwa memakai bedak yang banyak akan membuat wajah lebih terbebas dari kilau akibat minyak berlebih. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Memakai bedak secara berlebihan akan merangsang pori-pori wajah untuk mengeluarkan lebih banyak minyak sehingga membuat wajah akan semakin berminyak. Cukup gunakan bedak pada area yang berkilau, dan gunakan bedak dengan formula yang matte dan transparan.

source: http://www.tribunnews.com


 

6. Selalu Siapkan Kertas Minyak

Satu hal yang tidak bisa dihindari oleh pemilik kulit wajah yang berminyak adalah wajah yang terlihat berkilau, tidak peduli produk apapun yang telah dipakai untuk menghindari hal ini. Nah, kertas minyak adalah solusi yang paling mudah untuk mengangkat minyak tersebut. Cara yang tepat adalah dengan menekan secara perlahan di area yang berminyak agar kamu tidak perlu melakukan touch up lagi.

source: https://avoskinbeauty.com


 

7. Memakai Produk Makeup yang Oil-Free

Karena pemilik kulit yang berminyak sudah secara alami memproduksi minyak lebih dari cukup, maka gunakanlah produk makeup, terutama foundation, blush, primer, sunscreen, dan lain-lain yang oil-free dan noncomedogenic, yang tidak menyumbat pori-pori.

source: https://www.theodysseyonline.com


 

8. Menggunakan Produk Makeup yang Tahan Lama

Memiliki wajah yang berminyak memang mengharuskan kita untuk melakukan 'investasi' lebih pada produk yang digunakan. Tidak apa sedikit mahal, tapi carilah produk berkualitas yang berlabel waterproof, water-resistant, atau long wear, terutama untuk riasan mata.

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/


 

9. Membersihkan Sisa Minyak dengan Masker

Lakukan perawatan wajah dengan masker seminggu sekali atau dua kali. Masker berbentuk clay adalah masker yang paling cocok untuk kulit wajah berminyak karena masker jenis ini dapat menyerap minyak dan kotoran.

source: http://www.ledisia.com


 

10. Minum Air Secukupnya

Baik jenis kulit yang berminyak, kering, maupun normal, minum air yang cukup adalah hal yang wajib untuk menjaga kesehatan kulit. Kulit berminyak yang dehidrasi dapat membuat kulit menjadi kusam.

source: http://www.wartaplus.com/