Jangan Sering Mencuci Kebaya

Kalau kamu hanya memakai kebaya sebentar saja dan tidak terlalu kotor karena keringat atau noda, lebih baik jangan dicuci. Kamu tidak harus mencuci kebaya setiap kali habis pakai. Cukup jemur dan angin-anginkan saja di tempat yang teduh atau kamu bisa jemur di tempat yang sejuk seperti ruangan ber-AC. Kebaya yang sering dicuci akan mudah robek, karena kebaya terbuat dari bahan yang halus.

source: http://travel.kompas.com


 

baca juga

Jangan Masukkan Ke Mesin Cuci

Mesin cuci mempunyai tenaga yang luar biasa untuk memutar dan mengucek kebayamu. Terlebih jika kebayamu menggunakan banyak payet, bisa-bisa kebayamu rusak. Makanya, lebih baik ikuti cara mencuci di bawah ini!
  • Rendam dengan pelembut atau pewangi baju agar kebaya tetap harum.
  • Diamkan selama 10 menit agar wanginya meresap.
  • Tidak perlu mengucek kebaya, cukup meremas-remas dengan lembut.
  • Pada saat akan menjemur, kamu tidak perlu memuntir kebaya. Cukup peras dengan lembut dan gantungkan di tempat yang sejuk.
source: http://bahankain.com


 

Setrikalah Dengan Alat Bantu

Kebaya tidak boleh mengenai setrika langsung. Ambillah kain atau baju lain dan bentangkan di atas kebayamu. Hal ini dilakukan untuk menghindari panas yang langsung mengenai kebayamu. Tujuannya agar serat kain pada kebaya tidak berubah atau kamu bisa menggunakan alat bantu seperti jaring setrika yang banyak dijual dipasaran. Caranya pun sama, yaitu kamu bisa meletakkan kebayamu di bawah jaring setrika. 

source: http://www.hipwee.com


 

baca juga

Simpan Kebaya Di Tempat Yang Benar

  • Sebaiknya jangan menaruh kebaya dengan posisi terlipat langsung pada lemari, terlebih jika kebaya jarang dipakai. Kebaya akan membentuk tekukan pada bagian yang dilipat, dan hal ini akan mengubah bentuk kain. Lebih baik menggantung kebayamu pada hanger yang dilengkapi dengan padding agar bagian lengan tidak turun atau koyak.
  • Udara di dalam lemari yang lembab akan menyebabkan kebayamu berbau apek dan mudah kusut. Gunakan tempat penyimpanan kebaya seperti kotak atau apapun untuk meletakkan kebaya. Hal ini untuk menjaga agar tekstur dan garis kebaya tidak berubah.
source: http://millati-amalia.blogspot.co.id

Jauhkan Kamper Atau Kapur Barus

Kapur barus dapat merusak kebayamu walaupun kapur barus atau kamper tidak menempel langsung pada kebaya lho! Selain itu, baunya yang kurang sedap akan merusak kebaya yang telah kamu cuci dengan pelembut atau pengharum baju. Supaya tidak lembap di dalam lemari, kamu dapat menggantinya dengan menggunakan silica gel. Bahan ini cukup baik untuk menyerap kelembapan lemarimu. Silica gel dapat kamu jumpai di supermarket terdekat dengan harga yang murah.

source: http://www.stuff.co.nz


 

Hindari Parfum

Kamu suka mengenakan parfum pada bajumu agar wangi? Namun pada saat kamu sedang mengenakan kebaya, sebaiknya hindari menyemprotkan parfum ke kebaya ya. Hal ini akan merubah tekstur dan bahkan warna kebaya. Parfum yang terbuat dari fragrance yang mengandung zat kimia, akan membuat serat kain terurai dan mengubah warna kebayamu menjadi lebih kusam. Lebih baik kamu menyemprotkan parfum ke bagian tubuh yang tidak tertutup kebaya.

source: https://www.laksani.com