source: http://makeuptipsyoutube.biz/make-mascara-run.html



1. Menggosok Terlalu Keras

Terkadang, terdapat hari dimana kamu sangat merasa lelah setelah beraktivitas seharian dan rasanya ingin buru-buru berbaring di kasur. Karena itu, kamu buru-buru membersihkan makeup dan menggosokkan makeup remover pada wajah dan mata dengan cepat. Benar, kan? Yup, hal itu memang bisa membersihkan makeup-mu dengan lebih cepat, tapi hasilnya? kulit dan matamu bisa mengalami beberapa masalah.

Kamu perlu ingat kalau kulit di sekitar area mata lebih tipis dan sensitif dibanding kulit yang lain, sehingga kamu harus merawatnya dengan halus dan lembut. Nah,jika kamu menggosok matamu terlalu keras saat membersihkan wajah, mata dan kuit di sekitarnya dapat mengalami kemerahan dan iritasi yang lama kelamaan dapat menyebabkan pengeringan dan pengelupasan, serta pembentukan garis-garis halus. So, you better clean your makeup gently!


2. Tidak Menggunakan Cleanser Khusus Mata

Seperti yang telah kamu ketahui, kulit di sekitar mata perlu treatment yang khusus, karena sangat sensitif. That's why, kamu perlu menggunakan produk yang memiliki formula khusus untuk membersihkan mata. Menggunakan cleanser biasa dapat membuat kulit sekitar mata menjadi kering dan kasar lho. Apalagi, efeknya akan semakin terlihat saat kamu mengaplikasikan eye shadow, hasil makeup-mu susah untuk rata. Tidak mau kan, hal itu terjadi padamu? Sebagai solusinya, kamu bisa gunakan cleanser atau makeup remover yang mengandung agen pelembap seperti panthenol.


3. Menggosok dengan Gerakan yang Salah

Jika selama ini kamu membersihkan mata dengan gerakan ke kiri dan kanan yang tidak beraturan, it means you did it wrong. Cara yang benar saat membersihkan mata adalah menggosok makeup remover dengan gerakan yang searah, mulai dari dalam (dekat saluran air mata) ke bagian luar mata.


4. Tidak Membersihkan Wajah Setelah Menghapus Makeup

Ini dia hal penting yang perlu kamu perhatikan. Setelah menghapus makeup mata dengan bersih, biasanya minyak dari makeup remover masih meninggalkan sisa di sekitar mata. Hal inilah yang mengharuskan kamu untuk mencuci muka atau membersihkan wajah dengan cleanser setelahnya. Kamu juga perlu ingat, urutan yang benar adalah membersihkan makeup mata terlebih dahulu, baru membersihkan wajah yah! Dengan ini, wajahmu akan bebas dari noda makeup dan sisa minyak dari makeup remover.


5. Menggunakan Sisi Kapas yang Sama Berulang Kali

Hayo Beautynesian, siapa yang sering melakukan kebiasaan ini? Terkadang, meskipun sisi kapas sudah penuh dengan noda makeup, kamu masih saja menggosok mata dengan menggunakan sisi yang kotor tersebut. Akhirnya, bukannya malah bersih, tapi kotoran yang ada di kapas akan kembali ke kulitmu lagi.

FYI, kamu tak perlu menghabiskan banyak kapas untuk membersihkan makeup kok! Pertama-tama, kamu bisa gunakan seluruh sisi kapas yang bersih untuk mengusap makeup, kemudian balik kapas dan gunakan sisi yang masih bersih, lipat menjadi dua bagian. Dengan melipatnya, kamu bisa menggunakan sisi kapas yang bersih dua kali, sehingga dapat membersihkan makeup sampai tuntas. Praktis kan?


6. Menggunakan Kapas yang Sama Pada Keesokan Harinya

Meskipun sisi di balik kapas yang habis kamu gunakan kemarin masih bersih, jangan pernah berpikir untuk menggunakan kapas itu lagi yah, Beautynesian! Kamu harus tahu, meskipun kelihatannya bersih, sisi kapas yang sudah ditinggal semalaman itu menyimpan banyak bakteri lho!


7. Menggunakan Scrub di Sekitar Mata

Yup, memang eksfoliasi itu penting, tapi be careful, Beautynesian! Jangan gunakan scrub untuk membersihkan kulit di sekitar mata. Remember, tekstur kulit di sekitar mata lebih halus dan lebih tipis. Jadi, bukan malah membersihkan, scrub justru terlalu kasar dan dapat merusak kulit di sekitar mata.


Conclusion? Treat your eyes gently, Beautynesian!

source: http://www.beauticate.com/how-to/remove-make-up-with-coconut-oil#DRL0bDgXh7k8IxTy.97