1. Keju

source: http://www.alodokter.com/manfaat-keju-yang-sayang-untuk-dilewatkan
Menurut Dr. Lipman, pelopor dalam obat fungsional dan integratif asal New York, bahan-bahan yang diolah dari susu sapi bisa menyebabkan permasalahan kulit seperti jerawat. Semua jenis hasil olahan susu, bahkan meski dari sapi yang diberi makan rumput organik, berasal dari sapi yang menyusui. Karena itu, hormon yang terdapat pada susu sapi dapat memicu hormon jerawat yang ada di tubuh manusia.



2. Karbohidrat Olahan

source: http://deliciobread.com/roti-tawar-japanese-toast/

Dr. Lipman mengatakan bahwa karbohidrat olahan merupakan makanan dapat meningkatkan insulin. Contohnya seperti, roti tawar, sereal manis, pasta, kue yang dipanggang, nasi, dan juga makanan dan minuman yang diberi pemanis. Makanan olahan ini terpecahkan dengan cepat dan berubah menjadi gula, sehingga menyebabkan peningkatan pada insulin. Nah, permasalahannya adalah, para peneliti menemukan bahwa tingginya kadar insulin dapat menimbulkan jerawat yang lebih banyak.

baca juga



3. Jus

source: http://janeskitchenmiracles.com/healthiest-juice-recipes/

Tak disangka, minuman yang selama ini digunakan untuk diet dan kesehatan juga bisa membuat wajah berjerawat lho. Menurut Dr. Lipman, jika jus tersebut memiliki rasa yang terlalu manis, tandanya gula yang digunakan terlalu banyak. Bahkan jus berwarna hijau yang terkesan sehat, ternyata bisa mengandung 50 gram gula! Jus tersebut juga seringkali kehilangan serat yang terdapat dalam buah yang masih utuh, padahal serat tersebut berguna untuk merilis insulin. Banyak gula berarti lebih banyak insulin, dan ingat, insulin dapat menyebabkan jerawat. Jadi, kurangi gula dalam jus yang kamu buat yah, Beautynesian!



4. Tuna Kaleng

source: https://dokter.in/12-manfaat-ikan-tuna-untuk-kesehatan/

Tuna yang terkenal kaya akan protein dan vitamin, ternyata bisa menyebabkan masalah pada kulitmu juga lho! Menurut Dr. Lipman, tuna kaleng seringkali dibudidayakan dan memiliki nutrisi yang kurang dibandingkan dengan tuna yang ditemukan alam bebas. Terlebih lagi, ternyata tuna mengandung merkuri yang cukup tinggi, dan memiliki kemungkinan untuk meracuni kulit.

baca juga



5. Kopi

source: http://online24jam.com/2016/07/23/4162/hindari-campuran-ini-pada-kopi/

Meskipun kafein seringkali dipercaya untuk mengurangi bayangan hitam di sekitar mata dan mengurangi inflamasi, ternyata kafein juga memiliki pengaruh buruk pada kulit. Dr Lipman menjelaskan bahwa kafein bersifat diuretik, sehingga dapat menyebabkan tubuh kehilangan air dan kulit menjadi dehidrasi.