Oshogatsu

Oshogatsu adalah perayaan yang diadakan di Jepang dalam menyambut tahun baru. Rangkaian perayaan ini dimulai dengan Omisoka yaitu pergi ke kuil pada tanggal 31 Desember malam untuk berdoa. Kemudian dilanjutkan dengan pergi ke kuil pada hari pertama tahun baru yang disebut dengan Hatsumode. Scene yang menampilkan perayaan ini sempat muncul dalam anime Minami-ke Tadaima.
source: http://anime.astronerdboy.com/2013/03/minami-ke-tadaima-12.html#.VRpovfmsV2Q

Hina Matsuri

Hina Matsuri adalah perayaan untuk anak perempuan yang dilaksanakan setiap tanggal 3 Maret dalam rangka mendoakan pertumbuhan anak perempuan mereka. Orang tua yang memiliki anak perempuan akan memajang boneka hina (hina-ningyo) dengan susunan yang sudah ditentukan. Recorder to Randoseru adalah salah satu anime yang menampilkan perayaan ini.
source: http://f.hatena.ne.jp/

Hanami

Hanami dilakukan untuk merayakan puncak musim semi yang ditandai dengan mekarnya bunga sakura dengan sempurna. Karena bunga sakura hanya mekar dalam 2 minggu saja, maka perayaan ini menjadi wajib bagi masyarakat Jepang. Perayaan ini sempat ditampilkan dalam anime Idol Master.
source: http://blog.crosschannel.jp/Entry/3039/

Natsu Matsuri

Natsu Matsuri adalah festival musim panas yang dirayakan setiap tahunnya dengan menggelar berbagai acara seperti Bon Odori (jenis tarian khas Jepang), Hanabi (kembang api), dan lain sebagainya. Biasanya saat perayaan ini, akan banyak kedai yang menjual berbagai jajanan dan permainan khas festival. Scene festival ini sempat muncul dalam anime Hozuki no Reitetsu.
source: http://aniban.ldblog.jp/archives/cat_1185113.html

Yuki Matsuri

Yuki Matsuri atau festival salju ini biasanya diadakan di kota Sapporo, Hokkaido. Karena terletak di bagian paling utara Jepang, Hokkaido selalu lebih dingin daripada bagian wilayah Jepang lainnya. Jadi wajar saja jika jumlah salju disana lebih banyak, ya. Biasanya festival ini dirayakan dengan perlombaan membuat patung salju. Gintama adalah salah satu anime yang menampilkan scene festival ini.
source: http://blogs.yahoo.co.jp/gelatama1/22720334.html
Menarik, ya! Jadi dari anime pun kalian bisa belajar mengenai budaya Jepang!