Welcome newbies! kamu tidak perlu bingung lagi jika ingin mencoba memulai menerapkan rutinitas perawatan kulit ala Korea. Sebab, artikel ini akan mengupas langkah-langkah yang perlu kamu lakukan dan produk apa saja yang perlu kamu gunakan yang dilansir dari theklog.co. Shall we begin?



1. Oil-based Cleanser

source: http://www.jeanmilka.com/2016/10/banila-clean-it-zero.html
Apapun jenis rutinitas skin care-mu pasti selalu diawali dengan membersihkan kulit. Nah, begitu juga dalam Korean skincare routine, membersihkan wajah juga wajib kamu lakukan sebagai langkah awal. Tidak hanya sekedar membersihkan, kamu perlu menggunakan cleanser yang mampu mempertahankan kelembapan kulitmu juga. Produk yang kamu perlukan dalam hal ini adalah Banila Co Clean It Zero Classic.

Yup! produk ini merupakan produk pembersih yang cocok sebagai tahap awal dari double cleansing dan dapat meluruhkan kotoran di kulit, seperti minyak berlebih, makeup, dan sunscreen. Meskipun kulitmu cenderung berminyak oil-based cleanser ini wajib kamu sertakan dalam skin care routine.
baca juga



2. Water-based Cleanser

source: http://www.halfpastoctober.com/2016/11/klavuu-pearlsation-lineup-review-from.html

Langkah selanjutnya dari double cleansing adalah dengan menggunakan cleanser dengan water-basedThe Klavuu Pure Pearlisation Revitalizing Facial Cleansing Foam merupakan produk yang paling cocok untuk kamu gunakan. Pembersih ini mengandung pearls dan bahan-bahan yang dapat mencerahkan kulit. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir kulit kering setelah memakainya, karena produk ini akan membuat kulitmu terasa nyaman. That's why it's recommended for you!



3. Toner

source: https://aaronkhim.wordpress.com/2016/02/10/review-klairs-supple-preparation-facial-toner/

Meskipun kulitmu telah terasa segar setelah dibersihkan, kamu tidak boleh melewatkan toner! Sebab, toner-lah yang dapat menghilangkan sel kulit mati, sehingga membuat kulitmu menjadi lebih maksimal untuk menyerap nutrisi-nutrisi dari skin care yang akan kamu pakai setelahnya. Produk toner yang bisa kamu gunakan yaitu, Klairs Supple Preparation Facial Toner yang cocok untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif sekalipun.

baca juga



4. Eye Cream

source: http://www.sunnanz.com/innisfree-eco-science-eye-cream.html

Kulit di sekitar area mata perlu perhatian khusus karena sangat tipis dan rentan akan keriput dan kekeringan. Jadi, jangan lupa untuk menyertakan eye cream dalam skin routine-mu yah! Jika kamu bingung memilih eye cream mana yang kira-kira cocok untukmu, kamu bisa gunakan Innisfree Eco Science Eye Cream yang memiliki tekstur gel yang pas, tidak terlalu berat maupun ringan. Aromanya juga lembut dan segar sehingga nyaman untuk kamu gunakan.



5. Essence

source: http://www.chubbylamb.ca/2016/01/review-cosrx-advanced-snail-96-mucin.html

More hydration! yup! Skin care routine ala Korea ini memang selalu mengutamakan hidrasi kulitmu, which is a good thing, of course. Nah, sebelum kamu menggunakan produk yang lebih spesifik, sebaiknya kamu gunakan essence terlebih dahulu. Produk yang direkomendasikan untukmu adalah CosRx Advanced Snail 96 Mucin Power Essence. Kenapa? Sebab, snail mucin-nya dapat memperbaiki kulit berjerawat, mengurangi kekeringan kulit, dan juga melawan hiperpigmentasi. Great, ain't it?



6. Sheet Mask (Optional)

source: https://sokoglam.com/products/manefit-natural-gift-green-tea-hydrogel-mask

Sebenarnya, langkah berikut ini tidak perlu kamu selalu kamu sertakan dalam skin care routine-mu. Namun, ada baiknya kamu tetap memakai sheet mask secara rutin. Selain dapat merawat kulit wajah dengan baik, sheet mask dapat membuat kamu merasa relax. Think this step as an entertainment! 

Sheet mask 
yang direkomendasikan adalah Manefit Natural Green Tea Pore Care Sheet Mask. Gunakan masker ini sekali atau dua kali dalam seminggu untuk hasil kulit yang lebih cerah dan segar. Berbeda dengan sheet mask biasa yang berwarna putih polos, hydrogel mask ini memiliki warna hijau green tea yang menarik dan memberikan sensasi dingin pada kulitmu!



7. Moisturizer

source: http://jolse.com/article/official-review/8/6090/

Meksi telah menggunakan produk-produk skin care yang juga mampu melembapkan kulit, kamu tetap perlu mengikuti step berikut ini. Yep! Moisturizer is a must! Nah, karena moisturizer yang kamu perlukan tergantung dengan jenis kulit dan dimana daerah kamu tinggal, supaya lebih aman, pilih saja moisturizer yang ringan dan cocok untuk semua jenis kulit seperti CosRx Honey Ceramide Full Moisture Cream. Bahan-bahannya tidak terlalu bermacam-macam sehingga cocok untuk kulit sensitif. Apalagi, ekstrak madu dan kandungan ceramide-nya efektif melembapkan kulitmu.



8. Sunscreen

source: http://en.koreadepart.com/item/1387172255/neogen-daylight-protection-sun-cream-spf50pa
source: https://vutydesign.com/products/missha-all-around-safe-block-sebum-zero-sun-spf50pa

Last one, but very important! Penting sekali untuk menggunakan sunscreen di akhir skin care routine-mu tidak peduli bagaimana cuaca di luar sana. Meskipun mendung, sinar UV juga dapat menjangkau kulitmu lho! Salah satu produk Korea yang terbaik adalah Neogen Day-Light Protection Sun Screen. Teksturnya sangat ringan dan tidak merusak makeup jika dikenakan setelahnya.

Namun, jika kamu memiliki tipe kulit berminyak, kamu bisa beralih pada Missha All Around Safe Block Sebum Zero Sun. Produk ini memberikan perlindungan yang cukup tinggi untuk kulit dan juga tidak membuat wajahmu semakin berminyak.

Gimana, sudah tidak bingung lagi kan? Meskipun berlapis, sebenarnya skin care routine ala Korea ini cukup mudah. Kamu hanya perlu rajin dan memiliki kemauan yang tinggi untuk memiliki kulit yang flawless! Selamat mencoba!