source: https://www.spinjapan.net/



Mengalami Penuaan Lebih Lambat

Dibandingkan perempuan dari ras lain dan dengan pantaran usia yang sama, kulit wanita Asia tampak terlihat lebih muda. Ternyata, rahasia di balik kulit perempuan Asia yang mengalami penuaan lebih lama adalah karena dermis kulit perempuan Asia yang cenderung lebih tebal. Dermis tersebut mengandung banyak kolagen dan elastin, yakni 2  jenis sel pengikat yang berperan membuat kulit kenyal dan elastis. Makanya, perempuan Asia cenderung memiliki sedikit kerutan dibandingkan kulit perempuan ras lainnya.

baca juga



Paling Gampang Meninggalkan Bekas Luka

Jika kamu amati, kulit perempuan Asia yang mengalami jerawat atau bekas luka pasti sangat mudah berbekas. Sebab, kulit perempuan Asia memiliki stratum corneum (lapisan paling luar dari epidermis yang mengandung sel kulit mati) yang cenderung tipis. Lapisan tersebut berperan sebagai penghalang untuk melindungi jaringan di bawahnya. Sehingga, jika lapisan stratum corneum lebih tipis, artinya kulit menjadi lebih rentan berbekas dan sulit untuk kembali seperti semula. 



Rata-rata Memiliki Tipe Kulit Berminyak 
 

Salah satu faktor mengapa kulit perempuan Asia cenderung awet muda adalah rata-rata perempuan Asia memiliki kulit berminyak, seperti halnya kulit para perempuan di Indonesia yang cenderung lebih banyak memproduksi sebum. Selain itu, faktor eksternal seperti kelembapan udara juga mengaktifkan kelenjar minyak agar reaktif yang menyebabkan kulit berminyak.

baca juga



Kulit Cenderung Lebih Sensitif
 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kulit perempuan Asia memiliki stratum corneum yang lebih tipis. Akibatnya, kulit lebih mudah teriritasi karena faktor luar seperti panas, dingin, dan zat kimia yang terkandung dalam produk makeup maupun skincare-nya. Maka dari itu, perawatan kulit untuk perempuan Asia lebih sering menggunakan bahan yang cenderung alami dan mengalami uji ketat produksi sekaligus klinis.



Mudah Kehilangan Kelembapan Kulit

Inilah alasan mengapa banyak dari produk skincare Asia yang mengutamakan kemampuan hidrasi kulit. Sebabnya, beberapa penelitian pada perempuan Asia menunjukkan bahwa tingkat dehidrasi pada tubuh mereka cenderung lebih tinggi dibandingkan perempuan dari ras lainnya. Jika kulit tidak memiliki kelembapan yang cukup, kulit menjadi kering dan bersisik. Maka dari itu, kebanyakan produk skincare perempuan Asia terkandung bahan pengikat air seperti hyaluronic acid. 



Rentan Terhadap Noda dan Flek Hitam

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kulit orang Asia memiliki banyak melanin dari melanosit yang menyebabkan hiperpigmentasi. Makanya, tak mengherankan jika kulit perempuan Asia sangat rawan oleh melasma, bintik-bintik dan bercak penuaan. Maka dari itu, untuk menghindarkan kulitmu dari hiperpigmentasi, kamu dapat menggunakan sunscreen ber-SPF tinggi dan menggunakan aksesori pelindung dari matahari.



Jadi, sudahkah kamu lebih mengenal kulitmu sendiri,Beautynesian?

source: https://data.tokyogirlsupdate.com/