SK II adalah salah satu brand skin care ternama asal Jepang yang sudah ada sejak tahun 1980. Brand ini dikenal sebagai salah satu high end brand karena menjual produknya dengan harga yang cukup tinggi. Namun walaupun begitu, brand ini tetap diminati banyak pecinta skin care karena terkenal akan kualitasnya. Salah satu produknya yang paling banyak diminati adalah SK II Facial Treatment Essence.

source: http://www.sk-ii.co.id/in/product-detail.aspx?name=facial-treatment-essence

Apa sebenarnya SK II Facial Treatment Essence itu? Essence adalah sebuah istilah yang digunakan oleh brand - brand asal Jepang untuk menyebut sebuah produk skin care dalam bentuk serum. Jadi, SK II Facial Treatment Essence ini merupakan sebuah serum yang mengandung lebih dari 90% Pitera, bahan bio-alami yang mengandung vitamin, asam amino, dan mineral. Pitera dipercaya dapat membantu mempercepat regenerasi permukaan kulit, membantu melindungi kulit dari kekusaman, dan membuat kulit terasa lebih lembut.

Untuk dapat mencoba produk ini, memang perlu merogoh kocek cukup dalam yaitu Rp.793.000 untuk kemasan paling kecil yang berisikan 75ml. Bagi beberapa orang yang memiliki budget terbatas tentu akan berpikir dua kali untuk membeli produk ini. Namun saat ini banyak produk yang diklaim menjadi dupes dari SK II Facial Treatment Essence. Apa saja produknya dan sedekat apakah kemiripannya? Yuk simak!

Missha Time Revolution The First Treatment Essence


Sebuah brand asal Korea, Missha, meluncurkan produknya yang diklaim dapat dijadikan sebagai dupes dari SK II Facial Treatment Essence. Lalu sedekat apakah kemiripannya?

source: https://www.tokopedia.com/dravinshop/missha-time-revolution-the-first-treatment-essence-150ml-fte-original

Missha Time Revolution The First Treatment Essence menggunakan ragi yang berbeda dengan ragi yang digunakan pada SK II Facial Treatment Essence. Missha Time Revolution The First Treatment Essence menggunakan Saccharomyces Ferment Filtrate atau ragi yang biasa digunakan dalam proses pembuatan bir namun masih dalam satu famili dengan Pitera. Kandungan ragi dalam produk ini memang tidak sebanyak kandungan pitera dalam SK II Facial Treatment Essence atau hanya sebanyak 80%.

Ingredients yang digunakan dalam produk ini dapat dikatakan lebih banyak dibandingkan dengan yang digunakan oleh SK II. Salah satu ingredients pada produk ini yang tidak dimiliki oleh SK II adalah niacinamide, yaitu sebuah bahan alami yang berfungsi untuk melembabkan kulit, mengurangi garis - garis halus, mencerahkan kulit, dan untuk mengurangi peradangan pada kulit. Jika dilihat dari kandungan ingredients nya memang banyak yang bermanfaat namun bagi yang memiliki kulit sensitif mungkin perlu berhati - hati ketika menggunakan produk yang mengandung banyak ingredients.

Summary:
Produk ini memang tidak bisa dibilang 100% dupes dari SK II Facial Treatment Essence, karena nyatanya menggunakan ragi yang berbeda dan kandungan ingredients nya juga benar - benar berbeda. Namun produk ini memiliki kemiripan dari segi formula karena sama - sama hasil dari fermentasi dan mengandung moisturizer walaupun dari sumber yang berbeda.

Harga: Rp.350.000 - Rp.400.000 untuk kemasan 150 ml

<baca juga>

Secret Key Starting Treatment Essence


Satu lagi brand asal Korea yang mengeluarkan produk serupa dengan SK II Facial Treatment Essence, yaitu Secret Key. Secara kemasan luarnya memang keduanya bisa dikatakan mirip, namun bagaimana dengan produknya?
 
source: https://www.tokopedia.com/bluescorner/secret-key-starting-treatment-essence-ste-155ml

Ragi yang digunakan dalam essence ini sama dengan ragi yang digunakan pada produk SK II Facial Treatment Essence, yaitu Galactomyces Ferment Filtrate. Jumlah kandungan galactomyces dalam essence ini juga diklaim mencapai 90% seperti pada produk SK II. Namun, kandungan teratas dari daftar ingredients pada produk ini bukanlah ragi tersebut, melainkan air. Sehingga jangan heran apabila tekstur essence ini seperti air dan cenderung menyerupai toner, berbeda dengan milik SK II yang lebih kental layaknya essence.

Salah satu kandungan dalam produk SK II Facial Treatment Essence yang tidak ada dalam produk ini adalah paraben. Ya, produk ini diklaim bebas paraben sehingga bagi beberapa orang yang sangat concern dengan kandungan paraben mungkin bisa mencoba produk ini.

Summary:
Bagi yang mencari dupes dari SK II Facial Treatment Essence bisa mencoba produk ini karena ragi yang digunakan dalam proses fermentasi sama dengan yang digunakan pada produk milik SK II, jumlah kandungannya pun juga sama - sama 90%. Sehingga secara logika manfaat yang didapatkan akan sama meskipun tekstur kedua produk ini berbeda.

Harga: Rp.130.000 - Rp.150.000 untuk kemasan 150ml

CosRX Galactomyces 95 Whitening Power Essence


Sama seperti kedua produk di atas, produk yang satu ini juga berasal dari Korea. Secara kemasan memang produk ini bisa dibilang sama sekali tidak menyerupai produk milik SK II. Namun di kalangan pecinta korean beauty, produk ini terkenal sebagai dupes dari SK II Facial Treatment Essence. Benarkah demikian?
 
source: http://www.jessicaliani.com/2016/12/cosrx-galactomyces-95-whitening-power.html

Produk ini mengandung ragi Galactomyces Ferment Filtrate dengan kadar yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang terkandung dalam SK II Facial Treatment Essence, yaitu mencapai 95%. Jadi bagi yang ingin mencari produk dengan kandungan pitera lebih tinggi bisa mencoba produk ini. Selain itu, essence ini juga mengandung bahan lainnya yang juga bermanfaat untuk kulit seperti niacinamide dan panthenol. Namun dengan tingginya kadar galactomyces yang mencapai 95%, berarti hanya ada porsi 5% untuk kandungan bahan - bahan lainnya.

Summary:
Produk ini bisa dikatakan sebagai dupes dari SK II Facial Treatment Essence karena proses fermentasinya menggunakan ragi yang sama. Menariknya lagi dari produk ini adalah tingginya kandungan ragi di dalamnya.

Harga Rp.250.000 - Rp.300.000 untuk kemasan 100ml.

Ketiga produk tersebut memang tidak sepenuhnya sama seperti SK II Facial Treatment Essence namun setidaknya memiliki beberapa kesamaan, seperti ragi yang digunakan dalam proses fermentasi, formulanya, sampai dengan efek yang dihasilkan.