source: http://images.totalbeauty.com



Cara Kerja Rubbing Alcohol Terhadap Jerawat
 

Rubbing alcohol yang kita kenal sebagai isoprpryl alcohol untuk jerawat ini mungkin dapat mengeringkan jerawat secara cepat. Sedangkan bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, alkohol ini sering digunakan untuk mengurangi wajah berminyak. Adapun alkohol ini juga bersifat antiseptik yang dapat menghilangkan bakteri dari permukaan kulit.

Seperti yang kita ketahui, bakteri sangat berkontribusi pada tumbuhnya jerawat. Sehingga, mengurangi bakteri sama halnya dengan mengurangi jerawat secara cepat. Rubbing alcohol juga dapat mengecilkan pori-pori. Tapi pada kenyataannya, tak ada produk yang dapat mengecilkan pori-porimu, bahkan produk alkohol sekalipun. Walaupun ada, efek yang diberikan pun hanya sementara dan terkadang malah memperburuk masalah kulitmu.

baca juga



Alasan Mengapa Rubbing Alcohol Dapat Menjadi Bumerang Bagi Kulitmu
 

Meski rubbing alcohol kelihatannya seperti sebuah solusi cepat yang menarik, seiring berjalannya waktu, kamu tentu akan merasakan efek negatif yang meningkat akibat penggunaan alkohol pada wajah. Sebab, untuk satu hal, rubbing alcohol dapat membuat wajahmu mengering, kemerahan, dan iritasi. Rasa terbakar tersebut bisa jadi tanda kerusakan besar pada kulitmu.

FYI, kulitmu membutuhkan sejumlah sebum (minyak alami pada wajah yang biasanya dibersihkan) untuk memberi perlindungan dan nutrisi. Jika sekresi sebum menghilang, kelenjar sebaceous akan merespon dengan memproduksi minyak lebih banyak dan menyebabkan jerawat. Semakin lama dan semakin sering kamu menggunakan rubbing alcohol, kulit menjadi lebih rentan terhadap efek sebum dan bakteri. Sebab, menurut CDC, penggunaan rubbing alcohol secara berkepanjangan justru membuat kulit menjadi lemah.



Kesimpulan Mengenai Penggunaan Alkohol Pada Jerawat

Menggunakan rubbing alcohol untuk mengobat jerawat adalah hal yang mutlak tidak dianjurkan. Kebanyakan dermatologis akan memberitahumu bahwa mengobati jerawat dengan alkohol sangat tidak tepat untuk kulit. Selain itu, rubbing alcohol dapat membuat kulit mengering, iritasi, dan menyebabkan masalah kulit berkepanjangan, walaupun rubbing alcohol dapat mengatasi jerawat dalam jangka waktu pendek. 

Faktanya, beberapa dari para ahli kulit menyarankan untuk menghindari semua produk perawatan kulit yang mengandung alkohol. Jika kamu benar-benar sayang dengan kulitmu, perhatikan produk yang mengandung SD alkohol, alkohol terdenaturasi, atau isopropil alkohol. Semua jenis alkohol tersebut akan memperparah jerawat dan melemahkan kulitmu.
 

baca juga
source: http://www.beautyglimpse.com