Gumpalan Darah yang Besar


source: http://www.indiatimes.com/news/india/this-girl-shared-a-picture-of-a-menstruating-girl-heres-what-instagram-said-after-banning-it-231318.html


Masalah menstruasi pertama yang perlu kamu waspadai adalah gumpalan darah besar yang keluar ketika kamu menstruasi. Memang ketika menstruasi gumpalan darah akan keluar bersamaan dengan darah haid kamu, tapi normalnya, gumpalan yang keluar hanyalah berupa gumpalan darah kecil. Gumpalan darah ini berasal dari sel telur yang luruh karena tidak dibuahi. Nah jika gumpalan darah yang keluar itu besar, besar kemungkinan terdapat kelainan penggumpalan darah atau yang sering disebut dengan von Wilebrand. Jika kamu mengalami masalah ini, maka kamu perlu memeriksakannya ke dokter. 
 


Sakit Punggung yang Parah


source: http://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/wellbeing/a26912/is-your-back-pain-normal/


Merasakan sedikit pegal-pegal di bagian punggung memang wajar ketika kamu sedang menstruasi. Nyeri punggung ini bisa terjadi karena ketika mensturasi, Prostaglandin yang mengatur proses kontraksi dan relaksasi otot di tubuh menyebabkan menurunnya kadar oksigen di area uterus, sehingga menyebabkan kram dan pegal di area pinggul hingga punggung. Tapi jika rasa sakit tersebut semakin parah, bisa jadi kamu memiliki Endometriosis, di mana terdapat dislocation jaringan pada rahimmu. 
 

<baca juga>


Pendarahan yang Berlebihan


source: http://www.ravishly.com/2015/08/07/managing-menstruation-all-about-your-stupid-period


Well, people said, menstruation is about bleeding out. Tapi jika darah kotor yang keluar terlalu banyak, kamu harus waspada juga dengan masalah ini. Let's said, jika durasi masa menstruasimu biasanya berlangsung selama 4-7 hari, maka jika one day kamu menstruasi selama 2 minggu, kamu harus memeriksakannya ke dokter. Atau jika pembalutmu sudah penuh padahal belum sampai 2 jam, maka kamu harus hati-hati dengan pendarahan yang berlebihan. 
 


Keram Perut yang Berlebihan


source: https://www.verywell.com/what-are-menstrual-cycle-problems-2721909


Selain rasa sakit di punggung, Endometriosis juga menjadi penyebab utama rasa keram di perut saat menstruasi. Jadi jika kamu merasakan keram ketika PMS, Endometriosis ini yang patut kamu salahkan. Tapi, kamu juga jangan anggap remeh jika tiba-tiba rasa kram yang kamu rasakan lebih sakit dari biasanya. Hal ini bisa saja menandakan adanya masalah atau penyakit di sistem reproduksimu. Karena itu, selalu konsultasikan ke dokter jika kamu sering merasakan keram yang hebat ketika mensturasi. 
 

<baca juga>


Tanda PMS yang Berubah-Ubah


source: http://westsussexchiropractor.co.uk/west-sussex-chiropractor/back-care-week-suffering-in-silence


Sebagian wanita tahu kalau mereka akan datang bulan jika mulai muncul jerawat hormonal di wajahnya, dan sebagian juga ada yang mengalami keram di bagian perut ketika sedang PMS. Nah tapi, jika tiba-tiba muncul tanda PMS baru yang belum pernah kamu alami sebelumya, seperti misalnya demam atau pusing karena anemia, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Bisa jadi tanda-tanda ini menjadi pertanda awal masalah menstruasimu.