Jangan Campurkan Vitamin C dengan:

(1) Alpha Hydroxy Acids (AHAs)

Mungkin mencapurkan terlalu banyak acid di kulit wajahmu is not a good idea. Baik vitamin C dan juga AHAs keduanya sama-sama mengandung acid, dan too much acids bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi, mengelupas, dan juga berwarna kemerahan. Bahkan, beberapa produk yang mengandung AHAs memberikan instruksi untuk membilasnya setelah didiamkan beberapa lama di wajah agar tidak menyebabkan iritasi. Can't even imagine what will happen if you put these two acids together. 


(2) Retinol

Banyak skin care expert yang berpendapat bahwa kandungan konsentrasi vitamin C yang tinggi dan retinol tidak boleh digunakan bersamaan. Jika kamu mencampurkan kedua bahan ini bersamaan, instead of getting a glowing, brighter skin, kamu malah akan mendapatkan kulit yang iritasi karena kedua bahan ini bisa membuat kulitmu super kering. Kulitmu tidak hanya menjadi flaky, tapi kamu juga akan merasakan rasa gatal yang luar biasa karena kulitmu terlalu kering. Tapi, mungkin kamu akan menemukan beberapa produk yang mengandung vitamin C dan retinol sekaligus, namun biasanya konsentrasi kedua bahannya sama-sama rendah sehingga masih aman digunakan pada kulit. 


(3) Copper Peptides 

Copper peptides yang biasa digunakan untuk memicu produksi kolagen dan elastin di dalam kulit ini ternyata jika digunakan bersamaan dengan vitamin C malah akan menjadi useless lho. Kedua bahannya bisa mematikan satu sama lain, jadi manfaatnya tidak akan kamu rasakan di kulitmu. So, hindari menggunakan skin care yang mengandung copper peptides kalau kamu sedang menggunakan produk vitamin C. 
 

source: http://beranisehat.com/archives/berapa-mg-vitamin-c-yang-anda-konsumsi-hari-ini/
 


Jangan Campurkan Retinol Dengan:

(1) Alpha Hydroxy Acids (AHAs)

Lagi-lagi, jangan campurkan AHAs skin care-mu dengan retinol. Hal ini disebabkan karena kedua bahan ini sama-sama berfungsi untuk meregenasi sel kulit. Sehingga jika digunakan bersamaan, kombinasi kedua bahan ini bisa membuat kulit kering dan menjadi iritasi. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengakalinya dengan cara menggunakan AHAs di pagi hari, dan retinol pada malam hari kok. Kedua bahan ini bisa membantu meregenerai sel kulit mati dengan yang baru, sehingga kulitmu bisa terlihat lebih cerah.


(2) Benzoyl Peroxide

Kombinasi benzoyl peroxide dengan retinol memang bisa mengatasi masalah jerawat yang membandel. Namun jika kamu gunakan terus-menerus, duo ini bisa menyebabkan masalah kulit yang cukup parah lho sepeti kulit super kering, pengelupasan kulit yang berlebihan, warna kulit yang tidak merata, warna kemerahan, dan bahkan melukai kulitmu. Jadi, make sure kalau kamu tidak menggunakan benzoyl peroxide dengan retinol secara bersamaan ya, Beautynesian!

 

source: http://www.ebay.com/bhp/retinol-cream