Salah satu hal yang patut kita syukuri karena tinggal di negara tropis seperti Indonesia adalah sinar matahari yang berlimpah. Sinar matahari memang berperan penting bagi kehidupan, namun sayangnya, sinar matahari yang berlebihan tidak baik untuk kulitmu.

Sepertinya mustahil untuk menghindari sinar matahari saat melakukan aktivitas sehari-hari yah. Apalagi, untuk kamu yang sering melakukan kegiatan outdoor. Beware ladies, kulit yang terlalu sering terkena sinar matahari dapat mengalami premature aging dan perkembangan kanker kulit!

Yup, kamu memang bisa menggunakan sunscreen sebagai perlindungan kulit dari sinar matahari. Tapi, apakah sunscreen yang kamu gunakan sudah tepat dan efisien melindungi kulit? Jangan-jangan, selama ini kamu belum memilih sunscreen yang paling sesuai dengan kulitmu, sehingga perlindungan yang diberikan belum maksimal. Well, jangan sampai hal itu terjadi. Makanya simak nih, cara memilih sunscreen yang cocok untuk kulitmu!



Mengenal SPF


SPF merupakan singkatan dari sun protection factor, yaitu merupakan rasio antara waktu yang dibutuhkan kulit yang terlindungi dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan kulit yang tidak dilindungi sebelum menampakkan tanda-tanda sunburn

Tingkat SPF berkisar dari 2-100 berdasarkan dengan persentase sinar UVB yang dapat dihalang olehnya. Meskipun tingkatnya mencapai angka 100, tidak ada sunscreen yang dapat melindungi kulitmu 100% dari sinar UVB. Kamu bisa cek lihat chart-nya di bawah ini.
 

source: http://www.healthymob.net/sunburns-totally-beyond-the-pale/


Jadi, sunscreen yang mengandung SPF 30 tidak menawarkan proteksi dua kali lipat dibanding dengan SPF 15, dan menggunakan SPF 50 bukan berarti kamu dapat seharian di luar terkena panas tanpa khawatir terbakar karena perlindungan yang kamu gunakan ternyata tidak 100%.

<baca juga>



Memilih SPF Sesuai Skin Tone


SPF yang kamu butuhkan ternyata berbeda-beda berdasarkan warna kulit. The Centers for Disease Control  USA telah membuat enam skala untuk setiap warna kulit berdasarkan kemungkinannya untuk mengalami sunburn. Semakin cerah warna kulit, semakin sensitif terkena paparan sinar matahari, jadi perlu perlindungan yang lebih besar. Kamu bisa lihat chart selengkapnya di bawah ini.

source: http://www.hawaiiantropic.com/sun-care-tips/faq-suncare/how-do-i-choose-the-right-sunscreen-and-spf-for-me



Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit


source: http://depositphotos.com/45219999/stock-video-woman-applying-sunscreen-lotion.html


Kulit Sensitif dan Anak-anak

Untuk kulit sensitif dan anak-anak, gunakan sunscreen yang bebas dari kandungan seperti PABAheavy fragrances, oil free, dan hypoallergenic. Utamakan untuk memilih produk mineral-based sunscreen.

Acne-Prone dan Oily Skin

Buat kamu yang mudah berjerawat, kamu bisa pilih sunscreen yang berlabel "non-comedogenic", dan juga oil-free. Juga, gunakan sunscreen yang mengandung avobenzone, oxybenzone, atau mineral. 

Kulit Kering

Kulit kering sebaiknya menghindari sunscreen yang berupa spray dan gel, karena formula ini biasanya mengandung alkohol yang dapat meningkatkan kekeringan pada kulit. Gunakan lotion yang mengandung aloe glycerin atau moisturizer lainnya.

Bagaimana Beautynesian, sudah tahu sunscreen yang tepat untuk jenis kulitmu?