source: http://weheartit.com/entry/60187489


1. Cek Kembali Komposisi Produk

Setiap produk untuk rambutmu memiliki komposisi yang berbeda-beda pastinya. Coba cek ulang, apakah produk yang kamu gunakan telah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh rambutmu. Menurut Carlos Maciques, seorang hairstylist di Rita Haza salon, New York, sebaiknya kamu menggunakan produk yang mengandung asam amino atau protein, karena baik untuk menguatkan dan melembapkan rambut.

baca juga




2. Jangan Menggunakan Dry Shampoo Terlalu Sering

Memakai dry shampoo saat tidak sempat keramas biasa memang praktis dan cepat. Tapi, sebaiknya kamu jangan menggunakan dry shampoo terlalu sering sampai-sampai menggantikan jadwal mencuci rambut regulermu yah! Ahli Dermatologi asal Union Square Laser Dermatology di New York, Jennifer Chwalek, M.D., menjelaskan bahwa penggunaan dry shampoo yang terlalu sering bisa meninggalkan sisa-sisa di kulit kepala. Hal itu bisa menyebabkan inflamasi dan gatal pada kulit kepala. Cukup gunakan dua kali saja dalam seminggu.




3. Cuci Rambutmu Secara Rutin

Dr. Chwalek mengaku bahwa terdapat beberapa pasien yang tidak rutin mencuci rambutnya dengan sampo. Akhirnya, kulit kepala menimbulkan ketombe yang dapat berujung pada kemerahan, gatal, flakes, bahkan kerontokan.
baca juga




4. Jangan Menggosok Rambut dengan Handuk

Menggosok rambut dengan handuk memang membuat lebih cepat kering. But, FYI, Maciques menjelaskan bahwa hal itu dapat menimbulkan gesekan pada kutikula yang menyebabkan rambut menjadi kusut, kering, dan rapuh. Lebih baik kamu menggunakan handuk untuk sekedar menepuk-nepuk rambut secara perlahan supaya lebih aman.




5. Menyisirlah dengan Lembut

Memaksa menyisir rambut yang kusut dapat merusak rambutmu. Maciques menyarankan agar kamu menyisir menggunakan sisir yang memiliki gigi renggang. Atau ketika rambutmu kering, gunakan flat paddle brush yang memadukan natural dan nylon bristles.




6. Upgrade Peralatan Rambut

Sekarang ini teknologi telah berkembang dengan pesat. Jika kamu masih menggunakan hair dryer, catokan, atau peralatan lain yang sudah jadul, lebih baik kamu cepat mengganti dengan yang lebih modern. Alat yang lebih modern sekarang ini bisa bekerja dengan lebih cepat, sehingga rambutmu tidak akan lama-lama terkena panas dan tidak mudah rusak.




7. Berikan Perawatan Lebih Jika Menggunakan Hair Extensions

Menurut  Maciques. buat kamu yang memakai hair extensions, whether it's clipped in, sewn, or bonded, kamu perlu memberikan perawatan ektstra bagi rambut. Kamu bisa menggunakan produk khusus yang memberikan treatment yang bisa memperkuat dan melembapkan agar meminimalisir kerusakan.




8. Jangan Sering Menggunakan Treatment Salon

Maintenance dengan salon treatment yang biasa menggunakan Keratin memang diperlukan untuk memperoleh rambut yang cantik dan berkilau, tapi dalam prosesnya dapat merusak pertengahan poros rambut. Cobalah menggunakan leave-in conditioner yang mengombinasikan protein dan vitamin agar rambut menjadi halus. Kurang lebih, itulah yang disarankan oleh Jennifer MacGregor, M.D., dermatologi asal New York.




9. Gunakan Sarung Bantal Berbahan Sutra

Sarung bantal biasa dapat menyebabkan gesekan sehingga membuat rambut kusut dan rapuh. Kelembutan sutra dapat mengurangi gesekan tersebut dan menjaga rambutmu tetap halus. Begitulah yang disarankan Maciques.

source: http://giphy.com/search/red-curly-hair




 



Get your gorgeous hair, ladies!