FYI, nggak cuma kebiasaan begadang lho yang bisa menimbulkan kantung dan lingkaran hitam di sekitar mata. Unfortunately, mata panda ini juga bisa diturunkan secara genetik, jadi buat beberapa orang, hal ini tidak bisa dihindari.

Pada dasarnya, lingkaran hitam disebabkan oleh kulit yang lebih tipis di sekitar mata dan adanya darah beroksigen yang terletak di sekitar bawah mata. Supaya tidak semakin parah, jangan sering tidur dengan posisi tengkurap yah!

Kamu juga bisa mengurangi masalah kulit di sekitar mata ini dengan menggunakan zat yang terdapat dalam kopi yang sering kamu minum, Yup, kafein! Daripada beli serum mata seharga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah, kamu bisa memanfaatkan kafein untuk membuat serum mata sendiri yang harganya nggak akan semahal itu. Kafein ini dapat memperbaiki sirkulasi darah pada kulit. Nah, dengan sirkulasi darah yang lancar, lingkaran bahkan kantung di sekitar bawah mata pun dapat tersamarkan. Langsung aja yuk, cari tahu cara membuatnya!


Bahan-bahan yang Perlu Dipersiapkan :

  • 115 gr kopi bubuk
  • Minyak almond
  • Minyak alpukat
  • 2 buah toples
  • Kain katun tipis
  • Botol serum dengan pipet
baca juga



Langkah Membuat:


Step 1

Langkah pertama, kamu perlu meng-infuse minyak almond dengan kopi bubuk. Masukan 115 gram kopi bubuk ke dalam toples, lalu tuangkan minyak almond secukupnya. Tutup toples dengan rapat dan biarkan hingga 4 dan 5 hari. 
 

source: https://realfoodrn.com/diy-caffeine-eye-serum/



Step 2

Gunakan kain katun tipis, saring minyak yang sudah di-infused ke dalam toples atau wadah lain yang masih bersih. Peras sekuat mungkin agar jumlah minyak yang kamu dapatkan lebih banyak.
 

source: https://realfoodrn.com/diy-caffeine-eye-serum/
baca juga



Step 3

Tambahkan 1 sdm minyak alpukat pada minyak tersebut, lalu aduk hingga benar-benar tercampur.

source: https://realfoodrn.com/diy-caffeine-eye-serum/



Step 4

Masukan serum yang sudah jadi ke dalam botol. Supaya terlihat lebih menarik, kamu boleh memasukan sedikit biji kopi pada serum.

source: http://everblossom.net/2015/02/diy-caffeine-eye.html



Cara memakai

Gunakan jari manis saat mengaplikasikan serum untuk menghindari tekanan yang terlalu kuat. Kamu bisa menggunakan serum ini sebelum tidur atau setelah bangun tidur selama 10 menit untuk hasil yang maksimal.

Tips:

  • Kamu boleh menyimpan serum ini di kulkas karena jika dingin akan semakin ampun untuk melawan kantung mata. 
  • Kamu bisa menambahkan vanilla essential supaya menambah kemampuan untuk melawan penuaan dini. Selain itu, wanginya juga akan semakin harum!


 



Selamat Mencoba, Beautynesian!