No one likes to get pimples on the face. Siapa sih yang suka kalau wajahnya ditumbuhi jerawat? Masalah jerawat yang tidak kunjung usai bisa juga menjadi unsolved mystery yang pastinya membuat kamu penasaran lho. Mungkin kamu sudah tahu hal-hal yang bisa menjadi pemicu munculnya jerawat dan cara mengatasinya, but do you really know? Like, really, really know? In fact, area munculnya jerawat bisa menjadi clue untuk kamu mengetahui apa sebenarnya yang menjadi penyebab utama jerawatmu itu muncul. Kalau kamu sering merasa jengkel dengan jerawat yang kerap muncul hanya di satu area wajahmu, tips membaca penyebab jerawat dari posisi munculnya jerawat ini bisa menjadi guideline kamu untuk mengatasi masalah jerawatmu dari akarnya. Read on!
 


 

Area Dahi dan Garis Rambut

Kalau ada jerawat yang muncul di area ini, besar kemungkinan jerawat ini muncul karena sistem pencernaanmu yang kurang baik. Menurut Dr. Ellen Marmur, MD, clinical professor of dermatology di Mount Sinai Medical Center di NYC yang dilansir dari Cosmopolitan, penelitian menunjukkan bahwa makanan dan minuman olahan yang mengandung susu, gula, dan karbohidrat bisa menyebabkan jerawat semakin parah. Selain itu, jerawat di area dahi juga bisa disebabkan karena kulitmu yang super dehidrasi lho. Bisa juga kotoran serta minyak dari poni rambut yang menyumbat pori-pori di area dahi. Jadi selain menjaga pola makan, sebaiknya kamu juga memerhatikan kebersihan rambut yang sering terkena kontak dengan area wajah agar wajahmu bisa lebih aman dari serangan jerawat.
 

Area Sekitar Alis dan Pelipis Mata

Jerawat yang tumbuh di area sekitar alis ini bisa saja disebabkan oleh kondisi hati dan ginjal yang tidak terlalu baik. Biasanya hal ini terjadi karena gaya hidup yang buruk seperti kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, soda, dan makanan cepat saji. Kebiasaan buruk ini akan menjadi racun dan menyebabkan inflamasi di tubuh dan reaksinya akan muncul di area sekitar alis ini. Besides that, penggunaan produk brow kit seperti brow gel yang menyumbat pori-pori dan kebiasaan mencukur alis juga bisa menjadi penyebab jerawat tiba-tiba muncul di alismu. A groomed eyebrow is okay, but make sure you don’t overdo it, Beautynesian!
 

Area Hidung

Jerawat di hidung sering dianggap paling mengganggu karena biasanya terasa lebih sakit dibandingkan area wajah lainnya. Untuk kamu yang suka langganan memiliki jerawat di hidung, kamu harus lebih memerhatikan kebersihan wajah karena jerawat di hidung mostly disebabkan karena pori-pori hidung yang terlalu besar. Nah pori-pori yang besar ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk minyak, kotoran, dan bakteri untuk berkumpul dan memicu timbulnya breakout di area hidung. Karena itu, selalu pastikan kulitmu selalu bersih ya, terutama kalau kamu memiliki tipe kulit berminyak.


Area Pipi

Biasanya, jerawat yang muncul di area pipi disebaban oleh alergi dan tingkat stres yang tinggi. Apa kamu pernah mencoba foundation, BB Cream atau produk kecantikan lainnya yang baru lalu tiba-tiba muncul jerawat di pipi? Nah itu berarti kulitmu alergi dengan bahan-bahan yang terkandung di dalam produk tersebut. Selain dari produk kecantikan, jerawat di pipi juga bisa muncul karena reaksi alergi makanan yang kamu konsumsi lho. Kamu harus lebih peka dan memerhatikan kulitmu setiap kali kamu mencoba produk kecantikan ataupun makanan yang baru. Kalau tiba-tiba muncul jerawat, kamu harus berhenti menggunakan dan mengonsumsi hal tersebut.
 

Area Dagu dan Mulut

Lastly, apakah kamu merasa jerawat sering muncul di area dagu dan mulut ketika PMS? Yes you guess is right! Jerawat yang muncul di sekitar dagu dan mulut ini timbul karena hormon estrogen dan testosteron yang tidak stabil. Hormon yang tidak seimbang ini bisa memicu jerawat hormonal, which is normal kalau muncul setiap kali PMS. Tapi kalau di luar masa PMS tetap timbul jerawat di area ini, itu berarti hormon kamu memang sedang tinggi.

Itu dia penyebab jerawat yang bisa kamu ketahui dari area munculnya jerawat. Sekarang, kamu sudah bisa membaca penyebab jerawat dan bisa melakukan tindakan preventif agar jerawat sebisa mungkin tidak muncul di wajah. Tapi kalau jerawat sudah telanjur muncul, kamu bisa mengatasi masalah jerawatmu dengan mencoba rangkaian Pond’s Acne Solution yang mengandung formula Active Thymo-T Essence dan teknologi Lock + Clear yang dapat mengunci bakteri penyebab jerawat dan membantu menghilangkan jerawat dari akarnya.

Gunakan sabun cuci muka Pond’s Acne Solution Facial Foam terlebih dahulu untuk membersihkan wajahmu dari minyak, kotoran, dan bakteri penyebab jerawat, dan lanjutkan dengan Pond’s Acne Solution Daily Expert Gel Moisturizer. Pond’s Acne Solution bikin #jerawattamat dalam 3 hari dan mencegah jerawat muncul kembali.