Daging merah

Daging merah ternyata berpotensi menyebabkan bau keringat. Mengapa demikian? Pada dasarnya, daging merah membutuhkan waktu yang lama untuk dapat dicerna oleh sistem pencernaan. Selama daging tersebut belum tercerna dengan baik, maka akan ada racun yang masih tersisa di dalam tubuh. Racun inilah yang kemudian akan melepaskan gas berbau busuk penyebab bau keringat. Selain itu, lamanya proses pencernaan akan memberikan waktu yang lebih lama bagi bakteri untuk memicu pembusukan. Ketika keringat keluar dari tubuh dan bercampur dengan bakteri maka aroma yang tercium menjadi tidak sedap.
 
source: http://www.gregetan.com/kenali-jenis-makanan-yang-memicu-bau-badan/


Daging merah yang dimaksud disini adalah daging sapi dan daging kambing. Boleh - boleh saja tetap konsumsi daging merah tetapi selama masih dalam batas wajar ya. Jumlah maksimal konsumsi daging merah yang disarankan adalah 70 gram setiap harinya. Namun jika ingin tetap mengkonsumsi daging secara rutin dan dalam jumlah yang lebih besar, maka kamu bisa menggantinya dengan daging putih seperti daging ayam dan daging bebek yang memang sudah terbukti lebih mudah dicerna oleh tubuh.
 

Junk Food

Rupanya konsumsi makanan junk food memang benar - benar perlu dihindari. Tidak hanya karena alasan kesehatan, tetapi juga karena makanan junk food juga dapat menyebabkan bau keringat menjadi tidak sedap.
 

source: http://wartakesehatan.com/52000/7-imbas-buruk-dibalik-kenikmatan-junk-food


Makanan junk food biasanya banyak mengandung garam atau gula, tepung, minyak terhidrogenasi, dan zat - zat lainnya yang cenderung susah dicerna oleh sistem pencernaan. Sisa makanan yang belum tercerna dengan baik nantinya akan membusuk di dalam perut dan memicu timbulnya bakteri. Nantinya bakteri ini akan keluar bersama dengan keringat dan menyebabkan keringat menjadi bau.
 

baca juga

Makanan pedas

Makanan pedas memang tidak mengandung zat spesifik yang dapat menyebabkan bau keringat, namun mengonsumsi makanan pedas tetap dapat menyebabkan bau keringat secara tidak langsung lho.

Konsumsi makanan pedas dapat memicu peningkatan suhu tubuh. Suhu tubuh yang meningkat secara otomatis akan menyebabkan produksi keringat juga ikut meningkat. Meningkatnya produksi keringat ini merupakan mekanisme alami dari tubuh untuk melakukan proses pendinginan suhu tubuh. Semakin banyak keringat yang dikeluarkan oleh tubuh maka akan membuat bakteri semakin betah berlama - lama. Jika keringat sudah bercampur dengan bakteri, maka aroma yang tercium akan menjadi tidak sedap.
 

source: http://cantiksehatgue.blogspot.co.id/2015/09/6-manfaat-makanan-pedas-bagi-kesehatan.html

 

Bawang

Bawang sering disebut sebagai salah satu makanan penyebab bau keringat. Bawang yang dimaksud di sini adalah bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Lalu benarkah bawang menyebabkan bau keringat?
 

source: http://lampost.co/berita/bawang-dan-kanker-ovarium


Di dalam bawang - bawangan terkandung senyawa berbau tajam yang bernama volatile sulfurous. Senyawa ini akan bertahan di dalam tubuh hingga beberapa jam setelah makanan dikonsumsi. Selama masih di dalam tubuh, senyawa tersebut akan dipecah oleh sistem pencernaan dan dikeluarkan melalui keringat, urin, dan nafas. Hal inilah yang menyebabkan keringat menjadi tidak sedap.
 

baca juga

Brokoli, Kubis, Kol, dan lain - lain

Sayuran seperti brokoli, kubis, dan kol ini masuk dalam golongan famili cruciferous. Famili cruciferous adalah nama keluarga untuk sayuran hijau yang berbentuk seperti bunga. Selain ketiga sayuran tersebut, masih banyak jenis sayuran lainnya yang masuk dalam famili cruciferous. Sayuran yang tergolong dalam famili ini juga dapat memicu munculnya bau keringat yang tidak sedap karena tingginya kandungan sulfur di dalamnya. 
 

source: http://healthohappiness.com/2016/01/19/cruciferous-vegetables-are-super-veggies/


Jadi di dalam sayuran - sayuran ini terkandung senyawa yang sama dengan yang terkandung dalam bawang, yaitu volatile sulfurous. Senyawa inilah yang menyebabkan mengapa sayuran dalam famili ini dapat menyebabkan bau keringat menjadi tidak sedap.
 

Makanan - makanan tersebut bukan berarti tidak boleh dikonsumsi sama sekali. Hanya saja kamu perlu mengatur jumlah yang kita konsumsi agar tidak berlebihan. Segala sesuatu jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan pasti tidak baik bukan?