source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a32363/common-moisturizer-mistakes/



Mitos: Semua pelembap sama saja.
Fakta: Terdapat beberapa jenis pelembap yang berbeda.



Sesuai dengan kebutuhan kulit, terdapat beberapa pelembap yang berbeda yang dapat kamu pilih. Seperti berikut inilah jenis-jenisnya:
  • Humektan: seperti gliserin dan asam laktat, dapat mempertahankan air dan membantu kulit menjaga kelembapan.
  • Emolien; termasuk asam lemak dan ceramide untuk menghaluskan dan menenangkan kulit.
  • Oklusif: juga diketahui sebagai barrier creams seperti petrolatum, dimethiconet atau lanolin yang membentuk lapisan pada permukaan kulit untuk mengunci kelembapan.
Nah, biasanya kebanyakan produk mengandung kombinasi dari humektan, emolien, dan oklusif. Bedakan juga pelembap berdasarkan teksturnya. Lotion lebih ringan dibandingkan dengan krim. Tekstur krim lebih cenderung lebih berat sehingga lebih cocok buat kamu yang memiliki kulit sangat kering karena dapat melindungi kulit lebih baik ketimbang lotion.
 
baca juga



Mitos: Pelembap bisa menyebabkan ketergantungan.
Fakta: Tidak semuanya menyebabkan ketergantungan



Pelembap tidak akan membuat kulit menjadi ketergantungan. Jika kamu memiliki tipe kulit kering, pelembap adalah solusi terbaik untuk mengatasinya. Kondisi lingkungan seperti angin, cuaca dingin, dan lainnya dapat membuat kulitmu menjadi kering.

Cegah kulit kering dengan menggunakan pelembap setiap harinya. Jika kulitmu kering saat tidak memakai pelembap, bisa jadi itu disebabkan karena tidak ada perlindungan terhadap kulit dari kondisi luar yang dapat membuat kulitmu kering, bukan karena ketergantungan.




Mitos: Lip balm justru membuat bibir kering.
Fakta: Memakai lip balm sebanyak apapun tidak akan membuat bibir kering.



Jika kamu pernah mengalami bibir kering justru ketika menggunakan lip balm, itu berarti formulanya yang tidak cocok Pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan yang ringan. Formula seperti mentol dan eucalyptus dapat memungkinkan bibir untuk mengalami iritasi. Bibir kering juga bisa diakibatkan oleh sinar UV, jadi gunakanlah lip balm yang memiliki sunscreen sehingga mampu melindungimu dari sinar UV.
 



Mitos: Jika pelembap sudah mengandung sunscreen, kamu tidak perlu lagi menggunakan sunscreen lainnya.
Fakta: Ya, tapi pastikan kamu memilih yang mengandung SPF lebih dari 30



Banyaknya kosmetik dan skin care, termasuk pelembap yang sudah mengandung sun screen mungkin membuat kamu merasa tidak perlu lagi menggunakan produk sun screen lagi. Ternyata anggapan tidak salah, namun pastikan kalau perlindungan yang diberikan mengandung SPF 30 atau lebih dari itu.

Tapi, akan lebih baik lagi, kalau kamu menggunakan sun screen yang dapat melembapkan daripada pelembap yang mengandung sun screen. Please, note that, ladies!

source: https://beautymnl.com/bloom/articles/the-moisturizer-you-should-own-if-you-have-oily-skin
Semoga bermanfaat!