source: https://www.youtube.com/watch?v=kMyfE-KgNxk
Pola makan dan gaya hidup memang bisa mempengaruhi warna gigimu. Salah satunya kebiasaan untuk minum kopi dan teh. Ternyata kandungan kafein pada kopi dan tannin pada teh, merupakan penyebab gigi berubah warna menjadi kekuningan. Jika dikonsumsi terlalu sering, zat ini dapat menembus enamel sehingga lapisan gigi terluar dapat terkikis, sehingga warna putih gigi pun akan memudar.

Nah, memang ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memutihkan gigi, seperti ke dokter atau membeli produk pemutih gigi misalnya. Tapi sayangnya, kamu perlu menghabiskan biaya yang nggak murah untuk melakukan hal tersebut. Bisa-bisa kamu habis budget jutaan lho!

Eits, jangan putus asa dulu, karena blogger bernama Alex telah berbaik hati untuk membagikan resep dan cara membuat DIY pemutih gigi instan yang praktis dan alami lewat blognya. Tentunya budget yang kamu keluarkan nggak akan semahal beli produk pemutih atau ke dokter gigi. Super hemat!

Udah nggak sabar kan melihat cara membuat pemutih gigi ini, yuk langsung aja simak di bawah ini!
 
source: https://digprimal.com/2015/06/01/natural-teeth-whitening-scrub/amp/



Bahan-bahan


  • 2 sdm minyak kelapa
  • 1 sdm baking soda
  • 5 kapsul activated charcoal
Note: baking soda dapat menjadi agak kasar saat digunakan untuk gigi. Jika kamu memiliki gigi sensitif, kamu bisa mengurangi jumlahnya atau bahkan men-skip bahan ini sama sekali. 
baca juga


Langkah Membuat



1. Campurkan semua bahan (minyak kelapa, baking soda, dan activated charcoal dalam toples berukuran kecil.

2. Aduk hingga tercampur rata.

3. Diamkan sejenak hingga dingin.

4. Ambil sebanyak 1/4 hingga 1/2 sdt dan campurkan pada pasta gigi.

5. Gosok gigi dengan campuran ini selama 1-2 menit. Setelah itu baru gosok gigi dengan pasta gigi biasa. Kemudian berkumurlah hingga bersih.


Pre-caution:

Pastikan jumlah arang yang kamu gunakan benar-benar sesuai takaran dan tidak berlebihan. Jika perlu, kamu bisa berkonsultasi pada dokter atau ahlinya mengenai cara menggunakan arang untuk gigi. Arang dapat menyerap bakteri, racun, serta noda pada gigi, sehingga hasilnya gigi tampak lebih putih. Namun, arang juga memiliki efek samping dalam jangka panjang yang justru bisa merusak enamel gigi dan membuat gigi lebih sensitif dan berwarna gelap.

FYI, kalau kamu kesulitan untuk menemukan activated charcoal (arang aktif), kamu bisa memesannya via online dengan harga yang cukup affordable yaitu sekitar Rp. 45.000 per 1000 gram.

Happy trying!

source: https://potterwars.wordpress.com/2016/02/11/throwback-thursday-the-one-with-rosss-teeth/