Pewangi Sintetis


source: http://www.safecosmetics.org/get-the-facts/chemicals-of-concern/synthetic-musks/


Pewangi sintetis, atau yang lebih halus dikenal dengan kata synthetic fragrance, sering ditemukan di dalam produk makeup sehari-hari seperti lipstik, foundation, bedak, hingga maskara. Bahan pewangi buatan ini biasanya mengandung phthalates yang sering digunakan untuk membuat plastik lebih lentur. Jika bahan ini sampai meresap ke dalam kulit, endokrin yang terdapat di dalam pewangi sintesis ini bisa mengganggu hormon dan bisa menyebabkan gangguan genital lho. Selain itu, pewangi buatan ini juga merupakan bahan iritan yang berbahaya untuk kulit sensitif. Jika kamu mencium aroma yang wangi pada produk kecantikanmu, kamu harus cek dulu apakah di dalam ingredient list makeup kesayanganmu itu tercantum label fragrance atau phthalates.
 


Urea dan DMDM



 

source: http://www.safecosmetics.org/get-the-facts/chemicals-of-concern/known-carcinogens/


Bahan-bahan ini sering tercantum di kolom ingredient dengan nama diazolidinyl urea, imidazolidinyl urea, DMDM hydantoin, dan sodium hydroxymethyl-glycinate. Biasanya urea ini digunakan sebagai bahan pengawet agar makeup bisa tahan lebih lama. Tapi, bahan ini tergolong berbahaya karena bisa menyebabkan dermatitis atau peradangan kulit. 
 

baca juga


Petrochemical


source: http://www.bodyandsoul.com.au/beauty/news-reviews/a-buyers-guide-to-mineral-make-up/news-story/c97b2962cd8dda30185c226d1887a3b0?nk=cf8603b0873744421538ba8c048d99a1-1489134822


Petrochemical merupakan bahan aktif yang berasal dari crude oil atau minyak mentah seperti petrolatum, mineral oil, dan paraffin. Bahan petroleum-based ini memiliki formula yang cukup berat dan bisa menyumbat pori-pori, sehingga kulitmu tidak bisa bernapas dan jerawat bisa lebih mudah muncul.
 


MEA/DEA/TEA atau Amonia


source: http://www.seventeen.com/beauty/makeup-skincare/advice/g821/how-to-wash-your-face/


Kandungan amonia ini bisa berubah menjadi nitrosamine yang berbahaya ketika mengalami kontak langsung dengan nitrat lho. Bahan ini bisa menyebabkan alergi pada kulit, iritasi mata, dan juga membuat kulit kering. Biasanya, amonia ini digunakan sebagai foaming agent pada kosmetik berbentuk foam, serta berfungsi sebagai pH balance pada produk skin care. Jadi, kamu harus berhati-hati dengan produk kecantikan yang mengandung bahan aktif dengan akhiran "-amine" di belakangnya.
 

baca juga


Chemical Sunscreen


source: http://beautyeditor.ca/2016/06/18/chemical-free-sunscreen


Pastikan sunscreen pilihanmu tidak mengandung oxybenzone dan octyl methoxycinnamate ketika kamu memilih sunscreen. Kedua bahan ini bisa memengaruhi hormon endokrin dan bisa memicu breakout di wajah. Sebaiknya, pilih sunscreen yang menggunakan titanium dioxide atau zinc oxide sebagai sun protectant-nya karena lebih aman untuk kulit.