1. Konsumsi Makanan yang Tepat

What you eat is what you are. Buat kamu yang ingin secara khusus memperbesar payudaranya, disarankan menambah asupan yang dapat merangsang produksi hormon estrogen seperti buah apel, delima, wortel, mentimun, susu dan produk turunannya, serta kedelai dan kacang-kacangan.  Apabila bertujuan untuk perawatan saja, dianjurkan mengonsumsi kubis, rumput laut, alpukat, dan makanan yang kaya vitamin serta protein dan berfungsi untuk membuat payudara tetap kencang. Jangan lupa disertai olahraga yang cukup ya, ladies



 

baca juga

2. Rutinitas Cantik Berkala

Yuk percantik payudara dengan masker alami menggunakan bahan yang mudah didapat. Selain dengan menjadikan buah dan sayur yang disebut di atas sebagai masker payudara, salah satunya adalah dengan susu yang dibekukan. Setelah susu dibekukan dalam freezer, pijat ringan dengan tangan kanan searah jarum jam dan tangan kiri berlawanan jarum jam secara perlahan untuk payudara yang kencang, halus dan indah.



 

3. Light Workout

Gak mesti repot ke gym kok, ladies! Gerakan push-up 5 hingga 10 menit sambil menunggu jeda iklan TV Show favorit-mu sudah cukup kok untuk melakukan olahraga untuk mendapatkan payudara yang kencang. Namun, gerakannya mesti tepat yah, ladies! Nah, supaya lebih jelas, kamu bisa dilihat di video berikut ini. 
 

youtube:oSZjbGUTsdI
source: https://www.youtube.com/watch?v=oSZjbGUTsdI
Women's Chest Exercise: How to do Push-ups Correctly


 

baca juga

4. Rajin Periksa Visual Payudara

Dikutip dari antaranews.com, ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), Linda Gumelar, mengatakan bahwa kanker payudara adalah jenis kanker tertinggi pada pasien di seluruh rumah sakit di Indonesia.

"Di Indonesia, kasus baru kanker payudara menjadi kasus kematian tertinggi dengan angka 21,5 pada setiap 100.000. Yang memprihatinkan, 70 persen pasien kanker payudara baru datang ke fasilitas kesehatan pada stadium lanjut." 

Seram yah, ladies. Makanya, yuk mulai mendeteksi penyakit ini sedari dini dengan gerakan mudah di rumah. Lebih bagus jika kamu melakukannya setelah menstruasi yah, karena situasi hormon sedang normal. Cara yang paling gampang adalah memeriksa melalui pengamatan cermin setiap sehabis menstruasi. Jangan ragu untuk segera periksa ke dokter apabila secara tiba-tiba muncul gejala berikut. Karena walaupun jarang, bukan tidak mungkin kanker ini mulai tumbuh di usia remaja.
 

source: https://drranjini.com/2017/01/17/detect-breast-cancer-know-your-lemons/
Gejala yang muncul adalah (sesuai foto) :
  • Terasa keras dan menebal.
  • Terdapat bagian yang tampak 'penyok'.
  • Terdapat luka atau koreng.
  • Terasa panas dan kemerahan.
  • Keluar cairan dari puting.
  • Terdapat lubang-lubang kecil seperti bekas jerawat atau pori-pori besar.
  • Terdapat benjolan.
  • Urat nadi terlihat jelas.
  • Puting yang masuk ke dalam.
  • Bentuk yang berubah.
  • Mengering.
  • Terdapat benjolan keras yang tidak terlihat dan tidak berpindah tempat.

Perempuan yang sudah menginjak usia 20an, dianjurkan memeriksa payudara sendiri setiap bulan 7-10 hari setelah masa menstruasi, cek rutin ke dokter setiap 3 tahun sekali dan melakukan screening mammogram tahunan setelah memasuki usia 40. 

Yuk mulai sayangi dan peduli payudaramu!