Yakin deh, selain lipstik, lip balm sudah menjadi teman setiamu untuk merawat dan menghindarkan bibirmu dari pecah-pecah. Hampir setiap hari kamu mengaplikasikan lip balm pada bibirmu. Tak terkecuali pada siang dan malam hari saat bibir mendadak kering dan rasanya bikin tidak nyaman dan penampilan jadi tidak okay.

Berulang kali mengaplikasikannya, bibir malah jadi ketergantungan, lho. But wait, apakah sering-sering mengaplikasikan lip balm justru baik? Ternyata, tidak! Seperti penjelasan Joshua Zeichner, seorang dermatologis asal New York, dirangkum dalam situs Xovain, inilah alasan mengapa kecanduan pakai lip balm justru tidak baik untuk kesehatan bibirmu.



Reason 1:
Lip Balm yang Digunakan Mengandung Bahan yang Mengiritasi Kulit Bibir
source: http://theimpactnews.com/

Ada dua hal yang dapat membuat seseorang sering mengaplikasikan lip balm. Hal pertama, jika lip balm tersebut memiliki kandungan yang dapat mengiritasi, hal tersebut akan memicu inflamasi dan hilangnya kelembapan pada kulit bibir. Sehingga, bibirmu perlu terus menerus menggunakan lip balm tersebut dan mengakibatkan siklus ganas yang membahayakan bibirmu. Maka dari itu, sebelum membeli lip balm, cek daftar kandungan bahannya dan hindari produk lip balm yang mengandung fragrance, camphor, menthol atau salisylic acid yang dapat membuat kulit sekitar bibir menjadi rentan.

<baca juga>



Reason #2
Kemampuan Kulit Bibir Mempertahankan Kelembapan Jadi Melemah

source: http://www.312beauty.com

Permasalahan kedua akan terjadi jika kamu sering menggunakan produk yang dapat membentuk penghalang pada kulit. Contohnya adah petrolatum atau petroleum jelly. Kandungan dalam petrolatum dapat membentuk penghalang buatan yang biasanya ditujukan untuk mengunci kelembapan. Akan tetapi, jika digunakan secara berlebihan, justru membuat kulit bibir mengurangi kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan. Sehingga, saat sudah terbiasa menggunakan lip balm, bibirmu akan seketika menjadi kering saat tidak lagi menggunakan lip balm. Akibatnya, kamu akan menambahkan beberapa lapis produk lip balm tersebut.



Lalu, Lip Balm Seperti Apa yang Harus Dipilih?

source: https://grouponid.kfit.ninja/product/images

Sebaiknya, penggunaan lip balm yang baik adalah tidak terlalu sering dan masih wajar sebatas kebutuhanmu. Sebab, seperti yang diketahui bersama, mengaplikasikan lip balm terlalu sering malah membuat bibirmu ketergantungan dan akan membahayakan dari segi kesehatan. Jika kamu ingin mendapatkan lip balm yang tepat, carilah lip balm yang mengandung lanolin. Sebab, bahan tersebut bersifat semi-barrier, artinya bahan tersebut dapat menjadi pengahalang untuk mempertahankan kelembapan bibir disamping dapat membuat kulit bibir masih bisa tetap bernapas.