Mineral Oil

Mineral oil yang juga dikenal  sebagai petrolatum atau petroleum jelly sangat banyak digunakan dalam industri kosmetik. Meski dikategorikan aman oleh FDA. Namun, jika mineral oil tidak dimurnikan dengan benar, maka masih terkandung PAHs sejenis benzena yang terkenal sebagai bahan karsinogenik dan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Bahkan menurut para ilmuwan, mineral oil dikategorikan sebagai xenohormone yang dapat mengganggu fungsi normal sistem endokrin dan berpengaruh negatif pada imunitas tubuh.
source: https://intelligentnutrients.ca/three-toxic-chemicals-you-shouldnt-put-on-your-skin/

 

PEG

PEG alias polyethylene glycols adalah bahan turunan dari petroleum yang juga banyak digunakan untuk body lotion, karena fungsinya yang serbaguna. PEG ini berfungsi sebagai emolients, emulsifier, dan membantu penyerapan produk ke kulit. Meski kandungan toxic-nya tergolong rendah, namun kontaminasi dengan ethylene oxide dan 1,4-dioxane sebagai bahan karsinogenik terbilang tinggi, sehingga dapat mengancam kesehatanmu. Kenapa? Karena jika bahan tersebut masuk ke dalam peredaran darah, dapat memiliki efek racun pada otak.
source: http://4.bp.blogspot.com/-JufSQP3PuWo/VPjzb0DFRfI/AAAAAAAAaT4/VJ-ma88iC5M/s1600/waxing-spa-menu.jpg


 

<baca juga>

Phenoxyethanol

Banyak dari produk kecantikan saat ini yang mengklaim produknya bebas paraben. Nah penggunaan paraben pun tergantikan oleh phenoxyethanol yang sayangnya tidak 100 persen aman bagi kesehatan. Bahan pengawet pengganti paraben ini dapat membuat kulit iritasi yang dapat memicu alergi dan eczesma. Lebih parahnya lagi, saat kamu beralih kembali pada produk ber-paraben, justru paraben akan meningkatkan efek negatif phenoxyethanol.
source: https://hellosehat.com/7-perawatan-alami-kulit-iritasi/


 

Pewangi Tambahan

Fragrance mengandung 3000 bahan campuran yang dapat memicu alergi dan bersifat xenohormon. Beberapa bahan campuran dari 300 jenis kandungan tersebut memiliki efek samping bagi kesehatan respirasi dan reproduksi. Jika kamu khawatir dengan penggunaan pewangi buatan karena memiliki kulit yang hipersensitif, cobalah menemukan produk yang terkandung essential oil.
source: https://beauty.onehowto.com/article/how-to-avoid-neck-wrinkles-1435.html

 
<baca juga>

Methylisothiazolinone

Kandungan methylisothiazolinone yang ada pada body lotion dikenal dapat membunuh bakteri dan jamur. Sayangnya, kandungan tersebut juga dapat menjadi bahan kuat yang dapat mengiritasi kulit dan membuat kulit menjadi sensitif. Selain itu, methylisothiazolinone juga dapat memicu reaksi alergi, dermatitis dan kerusakan syaraf. Tak hanya itu, pada penelitian yang dilakukan oleh para ahli terbukti bahwa methylisothiazolinone memiliki efek racun terhadap syaraf dan menurunkan tingkat konsenstrasi.
source: https://www.robertsjackson.co.uk/news/dermatitis/methylisothiazolinone-harmful-chemical-everyday-health-products/