Ringo-ame

Ringo-ame adalah jajanan khas yang sering kali muncul di kedai-kedai saat festival musim panas. Terbuat dari apel yang dicelupkan ke dalam gula cair lalu dibiarkan mengeras sehingga tentu saja rasanya sangat manis! Ringo-ame sempat muncul dalam Gekkan Shoujo Nozaki-kun.
source: https://rantsofshion.wordpress.com/2015/03/03/gekkan-shoujo-nozaki-kun-afterthoughts/

Ika-yaki

Ika-yaki atau yaki-ika adalah cumi-cumi yang dibakar setelah dioles dengan saus. Rasa daging cumi yang lembut berpadu dengan saus yang nikmat, yummy. Free! adalah salah satu anime yang menampilkan jajanan lezat ini.
source: http://1st.iwatobi-sc.com/story/9Fr.html

Choco Banana

Sesuai namanya, Choco Banana adalah buah pisang yang dicelupkan ke dalam cokelat cair yang kemudian dibiarkan membeku. Choco Banana ini juga salah satu makanan khas festival musim panas yang sering muncul dalam anime, salah satunya dalam Hidamari Sketch.
source: http://moerukabunushi.blog77.fc2.com/blog-entry-603.html?sp

Takoyaki

Takoyaki! Jajanan ini berbentuk bulat dan terbuat dari tepung terigu dengan isian potongan tako atau gurita. Ditambah dengan saus khusus dan taburan katsuo-bushi atau parutan ikan cakalang kering membuatnya menjadi salah satu makanan favorit juga di Indonesia. Takoyaki juga pernah muncul dalam anime Haiyore! Nyaruko-san.
source: http://ateliermyun.blog.fc2.com/blog-entry-34.html

Kaki-goori

Kaki-goori atau es serut dengan topping sirup ini tidak boleh ketinggalan! Makanan wajib saat musim panas ini bisa selalu kamu temukan saat festival musim panas di Jepang. Tapi tidak perlu jauh-jauh, pada festival Jepang yang diadakan di Indonesia pun seringkali ditemui es yang satu ini. Anime K-ON! pernah menampilkan kaki-goori saat Yui dan teman-temannya pergi ke festival musim panas.
source: http://cohga.net/hatena/%E4%B8%AD%E9%87%8E%E6%A2%93/page19.html
Mau tahu lanjutan makanan khas festival yang sempat muncul di anime? Cek link berikut ya:

Bagian 2
URL:   http://matome.id/curator/6