source: http://www.seventeen.com/beauty/a26379/oily-skin-problems/




Ketahui Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi



Firstly, you need to note that dry and dehydrated skin is different. Jika kulit kering, berarti kulitmu kekurangan minyak, sedangkan, kulit yang dehidrasi menandakan kalau kulitmu kekurangan kelembapan dan hidrasi. This means, meskipun kulitmu berminyak, bukan berarti kamu tidak butuh pelembap yah! Pelembap ringan dapat membantu kulitmu agar tetap terhidrasi.

Gunakan pelembap yang mengandung hyaluronic acid yang baik untuk menghidrasi kulit. Menjaga kulit agar tetap lembap dan terhidrasi dapat menciptakan keseimbangan sehingga kulit tidak akan terlalu banyak memproduksi minyak. Jadi, kamu nggak perlu takut lagi untuk memakai pelembap, Beautynesian!
baca juga




Don't be Afraid to Use Oil Cleanser



Meskipun wajahmu berminyak, kamu nggak perlu mengindari segala skin care yang mengandung minyak. Faktanya, minyak yang ada di wajahmu merupakan laipsan natural yang dapat melindungi kulit, so you still need them. Jumlah minyak yang seimbang masih kamu butuhkan untuk wajahmu, justru jangan memakai produk pembersih yang akan membuat kulitmu terasa kering dan tertarik. Lakukan juga eksfoliasi dua kali dalam seminggu untuk meningkatkan pergantian sel kulit dan membantu pelembapmu bekerja lebih baik.




Hindari Kandungan Sulfat



Kandungan sulfat seperti sodium lauryl sulfate atau sodium laureth sulfate biasanya terdapat dalam sabun atau sampo yang kamu gunakan. Zat inilah yang menghasilkan busa-busa yang menyenangkan. But surprisingly, zat ini terlalu kasar untuk kulit wajahmu dan dapat memperparah minyak di wajahmu, uwgh!

Saat kamu menggunakan skin care yang membuat kulitmu terasa terlalu kering, tandanya terlalu banyak minyak di wajah yang terkuras dan jadinya tubuhmu bereaksi untuk memproduksi minyak yang lebih banyak lagi. Wah, bisa gawat kalau begitu!
baca juga




No Alcohol!



Alkohol dalam produk yang biasanya sering disebut benzyl alcohol, SD alcohol, denatured alcohol, isopropyl alcohol. Pokoknya, hindarilah produk yang mengandung alkohol, karena tidak baik untuk kulit yang kering dan berminyak. Alkohol hanya akan membuat kulitmu menjadi lemah saat digunakan secara rutin.

However ladies, alkohol seperti cetearyl, cetyl, and stearyl alcohol tidak perlu kamu hindari. Mereka adalah pengemulsi yang diklasifikasikan sebagai "fatty alcohol" yang berasal dari minyak kelapa atau sayur. So, be strict on the ingredients!




Once More, Rawat Kulitmu Secara Rutin!



Jika kamu pada dasarnya memang memiliki tipe kulit yang berminyak, you need to put more effort. Kamu bisa menggunakan treatment product yang mengandung vitamin C dan vitamin E yang dapat menyeimbangkan minyak dan membuat kulit halus. Bukan hanya produk yang harus tepat, tapi kebiasaan kamu untuk merawat kulit juga harus dilakukan secara rutin yah! Jangan malas membersihkan wajah sebelum tidur dan di pagi hari, lakukan eksfoliasi dua kali seminggu, kamu juga boleh memakai masker untuk menjaga kelembapan wajah.

Memang hasilnya nggak akan instan, tapi kalau kamu bersabar, pasti lama-kelamaan kondisi wajahmu akan membaik!


Good luck!
 
source: http://blog.asiantown.net/-/27116/tips-for-flawless-skin-that-these-asian-celebrities-swear-by