Siapa yang belum pernah nyobain kentang goreng ala McD? well, none of you haven't taste these amazing french fries, I guess. Kentang goreng dari restoran siap saji ini memang terkenal akan rasanya yang bikin nagih dan crispy. Thanks to Brandi Milloykini kamu bisa meniru resep darinya supaya kentang goreng buatanmu punya rasa yang sama enaknya seperti kentang McD.


Bahan-bahan


  • 2 buah kentang
  • 1/4 gelas sirup jagung
  • 1 1/2 gelas air
  • 6 gelas peanut oil (boleh diganti minyak kelapa)
  • 2 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu daging sapi


 
source: http://www.gettyimages.com/detail/video/making-french-fries-stock-footage/110543317
<baca juga>

Cara Memasak
1. Kupas kentang terlebih dahulu sebelum memotongnya menjadi beberapa bagian dan berbentuk panjang-panjang seperti kentang McD yang biasa kamu nikmati.

2. Siapkan mangkuk berukuran besar dan campurkan 1/4 gelas sirup jagung bersama 1 1/2 gelas air. Pastikan kamu mengaduknya hingga benar-benar tercampur. Kemudian masukan potongan kentang, lalu dinginkan dalam kulkas selama 30 menit.

3. Sambil menunggu kentang yang telah di simpan di kulkas, panaskan minyak dalam deep fryer, kira-kira hingga panasnya mencapai 190 derajat celsius.

4. Ambil kentang goreng yang sudah direndam dalam larutan sirup jagung di kulkas, lalu keringkan dengan menggunakan tisu makanan. Kemudian goreng kurang lebih selama 1 hingga 1 1/2 menit hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan. Lalu tiriskan dan dinginkan kembali dalam kulkas selama 10-15 menit.

5. Setelah itu, tambahkan kaldu daging sapi ke dalam minyak, lalu panaskan hingga suhunya mencapai 204 derajat celsius. Lalu ambil kentang yang sudah didinginkan dan goreng kembali dengan hati-hati jangan sampai kulitmu terkena cipratan minyak. Goreng selama 5-7 menit. Lalu tiriskan.

6. Sajikan kentang goreng dalam mangkuk besar, lalu taburkan sedikit garam. Kentang goreng ala McD pun siap dinikmati.

source: http://www.frenchfries.co.id/

Tips: Jika kamu ingin memasak porsi dobel, jangan tambahkan jumlah minyak dan menggoreng porsi dobel sekaligus. Goreng masing-masing satu porsi secara bergantian. Hal ini dilakukan supaya kentang goreng tetap terasa renyah.

Happy cooking!