Ingin memiliki model rambut berponi see through ala Korea tapi ragu karena katanya poni dapat menyebabkan jerawat di dahi? Apa benar jerawat yang muncul di dahi disebabkan karena poni rambut? Atau jangan-jangan, hal itu hanya mitos? Cari tahu kebenarannya di bawah ini yuk!

 

Hubungan Poni dan Jerawat

T-zone wajah merupakan area yang sering menghasilkan minyak. Jika dibandingkan dengan area lain diwajah, T-zone lebih produktif dalam menghasilkan minyak. Nah, karena dahi masuk dalam area T-zone, berarti dahi juga cukup produktif dalam menghasilkan minyak.

FYI, keberadaan poni dapat menyebabkan minyak alami dari rambut luruh di area dahi. Selain itu, rambut yang berponi dapat menyebabkan keringat, debu, minyak dari T-zone dan rambut menjadi kombinasi yang sempurna bagi jerawat untuk muncul. Apalagi jika Beautynesian memiliki jenis rambut berminyak, mungkin akan lebih sering mengalami jerawat di dahi.
 

source: http://botoxjuvedermdoctor.com/do-bangs-cause-skin-breakouts/


 

baca juga

Meskipun Rambut Selalu Bersih, Tapi kok Tetap Muncul Jerawat?

Penggunaan sampo, kondisioner atau produk perawatan rambut lainnya juga bisa memicu munculnya jerawat lho! Dilansir dari Dailymail online, dr. Rachel Eckel menjelaskan bahwa busa dari produk perawatan rambut dapat menempel di dahi saat mandi. Busa yang tertinggal di kulit inilah yang dapat memicu kemunculan jerawat. Hal ini dapat menyumbat pori dan kemudian memicu iritasi.  

Busa produk perawatan kulit juga dapat menimbulkan folikulitis yang berbentuk seperti jerawat. Folikulitis ditandai dengan bintik kecil bernanah kemerahan dan dapat terasa gatal. Folikulitis ini tidak hanya muncul di dahi tapi juga bisa muncul di dada dan punggung. Sehingga memastikan rambut bersih saja tidak cukup lho, pastikan juga bahwa dahi selalu bersih dari busa setelah keramas.
 

source: http://www.huffingtonpost.ca/2016/08/02/bangs-forehead-acne_n_10895468.html


 

Apakah Poni Perlu Dihindari?

Tenang Beautynesian, kamu masih bisa tampil chic dengan poni kok! Mencuci wajah dengan benar dan dengan produk perawatan yang sesuai bisa dilakukan untuk mencegah jerawat datang. Mencuci muka dapat mengurangi keberadaan minyak, debu dan kotoran wajah yang bisa memicu iritasi, namun ingat, jangan mencuci wajah secara berlebihan yah. Sesekali biarkan kulit bernapas. Selain itu, sebaiknya kamu tidak membiarkan poni menutupi dahi sepanjang hari, sesekali jepit poni agar kulit dahi tetap bisa bernapas.

source: http://www.elle.com/beauty/hair/how-to/g26140/5-ways-to-style-bangs-out-of-your-face/
Nah, sudah tahu kan penyebabnya kenapa jerawat seringkali muncul saat rambutmu berponi? Ternyata hal itu bukan hanya mitos semata lho, tapi memang ada penjelasan ilmiahnya seperti yang telah kamu baca di atas. Namun, bukan berarti kamu yang berponi harus pasrah begitu saja menghadapi jerawat di dahi yah, kamu bisa merawat rambut dan kulit wajah agar senantiasa terjaga kebersihannya. Selain keramas dengan bersih, jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah. Apalagi, setelah kamu melakukan aktivitas di luar yang banyak polusi, debu, yang dapat menyebabkan wajah kotor.

Yuk, rawat rambut dan kulitmu secara rutin mulai dari sekarang!