Apakah Memencet Jerawat Boleh Dilakukan?

Memencet jerawat terkadang menjadi cara yang dipilih seseorang jika ingin menghilangkan jerawat secara seketika. Namun apakah tindakan ini boleh dilakukan? Jawabannya adalah boleh dan tidak. Bingung kan? Jadi begini, selama tindakan tersebut masih bisa dihindari maka sebaiknya jangan dilakukan. Namun jika memang harus melakukannya maka ada beberapa hal yang harus dipahami.

Jerawat yang boleh dipencet hanyalah jerawat yang sudah matang, yaitu jerawat yang sudah keluar isinya dan siap pecah. Namun jika isi jerawat tersebut terlihat seperti nanah dan kondisi sekitar permukaan jerawat mengalami peradangan maka sebaiknya jangan dipencet dahulu. Selain itu, pastikan bahwa tangan dalam kondisi bersih saat melakukan ekstraksi. Walaupun boleh dilakukan, namun tindakan Ini juga memiliki resiko yang harus dipahami lho.

 

source: http://bambangchezka.blogspot.co.id/2014/10/suka-dukanya-menjadi-seorang-penulis.html



Apa Akibat dari Memencet Jerawat?

Di lain sisi, memencet jerawat selama ini dianggap dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Sebenarnya hal ini adalah pemahaman yang salah atau bisa dibilang sebagai mitos. Memencet jerawat memang bisa menghilangkan jerawat saat itu juga apabila kondisi jerawat tidak meradang dan memang sudah matang. Namun, jika caranya tidak tepat, tindakan ini bisa menimbulkan bekas jerawat yang lebih gelap atau bahkan membentuk jaringan parut.

source: http://1jerawat.blogspot.co.id/2016/01/bekas-jerawat-bisa-makin-parah-karena.html

Tidak hanya itu saja lho, tindakan memencet jerawat juga dapat membuat kondisi jerawat justru menjadi semakin parah. Mengapa demikian? Memencet jerawat memang dapat mengeluarkan isi jerawat namun tidak sepenuhnya bisa keluar. Beberapa jam setelah dipencet pun isi jerawat akan muncul kembali dan akibatnya menjadi meradang. Pemberian tekanan pada daerah jerawat juga akan merusak jaringan sehat di sekitarnya dan memicu timbulnya infeksi. Memencet jerawat juga dapat membuka pori - pori kulit. Terlebih lagi, apabila tangan dalam kondisi kotor ,maka bakteri yang ada di tangan akan masuk ke dalam lapisan dermis kulit dengan cara yang mudah sehingga membuat jerawat semakin betah berada di wajah.

baca juga



Apa yang Bisa Dilakukan untuk Menghilangkan Jerawat dengan Cepat?

source: http://www.cantikkualami.com/hilangkan-jerawat-sampai-sembuh-total-dengan-ini/

Nah, tidak mau kondisi jerawatmu semakin parah kan? Mulai sekarang kurangilah kebiasaan memencet jerawat. Jika masih ingin memencet jerawat supaya isi jerawat cepat keluar, bisa dilakukan dengan bantuan acne patch kok. Acne patch adalah plester khusus jerawat yang terbuat dari air dan memiliki kemampuan untuk menyerap cairan isi jerawat setelah pemakaian beberapa jam. Penggunaan acne patch dapat menghindari tindakan pemberian tekanan pada daerah jaringan sehat di sekitar jerawat sehingga dirasa lebih aman. Selain itu, acne patch juga dapat menutupi jerawat karena memiliki warna yang cenderung transparan dan menghindari jerawat dari kontaminasi udara.

source: http://beautygal.info/g/98396/cover-dot-acne-care-drug-free-absorbing-adhesive-hide-pimples-help-reduce-scarring-24-dots

Beberapa produk acne patch yang dapat digunakan adalah:
 

  • 3M Nexcare Acne Cover
baca juga
source: http://www.mimoyoja.com/2013/12/sponsored-review-nexcare-skin-care-acne.html
 
  • Derma Angel Acne Patch
source: http://www.beautydiarykania.com/2017/02/review-derma-angel-acne-patch.html
​​​
  • Acne Pimple Master Patch
source: https://www.bisoubeautybar.com/products/cosrx-acne-pimple-master-patch
​​​​​​
  • OXY Anto Bacterial Acne Patch
source: http://www.guardian.com.sg/oxy-anti-bacterial-acne-patch-26s/p/173142

Sudah tahu akibatnya kan, Beautynesian? Kalau begitu, mulai sekarang hentikan kebiasaan memencet jerawat sebelum jerawat matang jika tidak ingin menjadi semakin parah yah!