Penyebab Timbulnya Flek Hitam Pada Wajah

source: https://www.thetrendspotter.net/

Mengutip pernyataan yang dikeluarkan American Academy of Dermatology (AAD), paparan sinar matahari yang merusak merupakan penyebab utama timbulnya flek hitam. Ketika kamu menghabiskan banyak waktu di bawah matahari tanpa perlindungan seperti sunscreen, hal tersebutlah yang memicu kerusakan kulit yang menghasilkan tanda-tanda penuaan yang terlihat seperti keriput dan flek hitam. Selain itu, kamu juga bisa mendapat flek hitam dari tipe kulitmu, tetapi kebanyakan pemilik kulit gelaplah yang paling banyak terjadi kasus munculnya flek hitam di wajah.



Cara Meminimalisir Tampilan Flek Hitam Pada Wajah

baca juga



1. Memprioritaskan Penggunaan SPF Berspektrum Luas

source: http://kbosso.com

Tak bosan-bosannya kami mengingatkan untuk menggunakan sunscreen yang memiliki sprektrum luas sehingga untuk menghindarkan kulitmu dari paparan sinar UVA dan UVB. Tak hanya untuk meghindari kerusakan lebih pada kulitmu, tetapi juga demi kebaikan kulitmu kedepannya. Kamu tidak hanya wajib menggunakan sunscreen pada pagi hari saja, lho. Sebaiknya, menurut panduan The Skin Foundation, sunscreen sangat perlu diaplikasikan dua jam sekali. Ohya, semakin tinggi SPF yang terkandung dalam sunscreen-mu, semakin lama juga waktunya untuk dapat melindungi kulitmu dari sengatan sinar matahari. Juga, jangan lupakan penggunaan sunscreen meski di luar cuaca sedang mendung karena juga bisa merusak kulitmu.



2. Rajin Eksfoliasi Kulit

source: http://www.mimakeup.com.ar

Menurut AAD, produk yang mengandung glycolic acid, sejenis alpha hydroxy acid (AHA) dapat membantu mengeksfoliasi permukaan kulit dan mengurangi tampilan flek hitam yang muncul di kulit. Seberapa banyaknya, tergantung tipe kulit seseorang. Bisa jadi kamu membutuhkannya sekali seminggu maupun dua kali seminggu, tergantung respon kulitmu. Tak hanya itu, eksfoliasi juga dapat membantu menghilangkan kulit kusam dan meningkatkan skin tone. Tetapi, kandungan AHA juga dapat memingkatkan sensitifitas kulitmu terhadap matahari, jadi kamu juga jangan lupa untuk mengaplikasikan suncreen setelah eksfoliasi.

baca juga



3. Menggunakan Dark Spot Corrector

source: http://i1.wp.com/www.womensok.com

Semakin bertambahnya usia dan paparan kulit terhadap sinar matahari dapat membuat kulit kusam dan warna kulit tidak merata. Makanya, timbul flek hitam pada kulitmu. Untuk mengatasinya, jangan lupa untuk terus merawat kulit menggunakan krim atau serum khusus untuk mengkoreksi flek hitam pada wajahmu. Aplikasikan pada pagi dan malam hari, setelah membersihkan wajah.



4. Peeling Lembut di Malam Hari

source: https://cdn.shopify.com/

Selain wajah mudah kusam, kulit juga akan kehilangan kemampuan alaminya untuk menghilangkan sel klit mati seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, untuk melawan flek hitam, kamu juga harus rajin melakukan peeling menggunakan produk skincare yang mengandung glycolic acid untuk mengurangi diskolorasi akibat flek hitam dan kerutan. Sebaiknya, gunakan peeling lembut seperti peeling pad untuk meluruhkan kotoran yang tertumpuk selama seharian. Hal tersebut juga akan mencerahkan wajahmu ketika malam. Jangan lupa gunakan moisturizer, ya!