source: http://www.oficinadamoda.com.br



Fakta #1
Kamu Harus Menggunakan Moisturizer Sesuai Tipe Kulitmu


Kesalahan utama yang paling sering dilakukan banyak orang adalah menggunakan pelembap yang tidak sesuia dengan jenis kulitnya. Bahkan, kebanyakan dari mereka tidak menyadari bahwa kulitnya cenderung sensitif. Jika saat ini kamu merasa belum yakin soal tipe kulitmu, cobalah untuk memeriksa keadaan kulit wajah, terutama pada bagia T-zone setelah seharian. Apakah kulitmu cenderung kering, berminyak, atau somewhat normal.

Yang perlu kamu ketahui, pemilik kulit kering cenderung memiliki alergi pada kulit, dan seharusnya tidak disarankan menggunakan pelembap biasa, karena kandungan bahan kimia tertentu yang dapat membuat permukaan kulit kering menjadi rentan alergi. Disamping itu, bagi pemilik kulit cenderung berjerawat, sangat tidak disarankan menggunakan krim pelembap berbahan dasar minyak. Gampagnya, untuk menghindari penggunaan pelembap yang tidak tepat, inilah guideline yang bisa kamu ikuti.

Kulit Berminyak
Carilah pelembap bertekstur lotion disamping menggunakan cream. Selain itu, gunakan formula yang memiliki bahan exfoliating seperti lactic glycolic dan salicylic acid.

Kulit Kering
Gunakan pelembap bertekstur krim. Selain itu, carilah pelembap krim bertekstur tebal dan kandungan moisturizing yang lebih melembapkan. Semakin banyak kandungan oil, semakin baik penyerapan kulit untuk menghidrasi lapisan kulit.

Kulit Kombinasi
Jika perlu, gunakan lotion tanpa kandungan acid yang tidak mengikis lapisan kulit. Misalnya, Cetaphil, Cerave, Aveeno, Neutrogena, atau Lubriderm

Kulit Normal
Kamu dapat menggunakan moisturizer ointment tipis pada malam hari. Misalnya, ointment dalam produk Aquaphor. Menggunakan pelembap jenis ini akan membuat kulitmu lebih sehat dan terlindungi. 

baca juga



Fakta #2
Iklim di Sekitarmu Juga Jadi Pertimbangan Moisturizer yang Harus Dipilih


Cuaca dan iklim juga harus menjadi pertimbanganmu dalam memilih pelenbap. Sebab, hal tersebut juga akan mempengaruhi kondisi kulitmu. Bagi kamu yang berada di lingkungan dingin, gunakan produk pelembap ointment untuk memberi extra layer untuk melindungi kulitmu.

Sedangkan bagi kamu yang berada di iklim lembap seperti Indonesia, pelembap gel adalah yang paling disarankan, karena lebih menghidrasi kulit serta tak akan membuat wajah tampak berminyak jika mulai berkeringat.

Sementara itu, bagi seseorang yang tinggal di wilayah yang super kering, pelembap bertekstur krim adalah produk yang paling disarankan. Selain itu, gunakan sabun lembut tanpa exfoliant untuk membersihkan wajah.



Fakta #3
SPF Juga Penting Selain Pakai Pelembap



 

FYI, sinar matahari yang merusak kulit terdiri dari UVA dan UVB. Sinar UVA bertanggungjawab pada efek aging kulit, sedangkan sinar UVB dapat membuat kulit terbakar. Sayangnya, sunscreen kebanyakan hanya bekerja untuk melindungi kulit dari UVB saja. 

Mitos lainnya, setelah menggunakan sunscreen, kamu tidak perlu menggunakan pelembap lagi. Padahal, tidak selalu benar. Umumnya, produk sunscreen telah mengandung pelembap, dan bila kulitmu berminyak, kamu mungkin tak akan menambah lagi pelembap. Namun jika diperlukan, kamu dapat menggunakan pelembap setelah menggunakan sunscreen terlebih dulu.

baca juga



Fakta #4
Kamu Harus Hati-Hati Memilih Kandungan Pelembap


Ketika ingin mencoba produk pelembap baru yang sangat berkhasiat, barangkali kamu akan langsung menggunakannya. Akan tetapi, hal inilah yang sangat mungkin memicu timbulnya jerawat dan ruam pada wajahmu. Maka dari itu, sebelum menggunakan pelembap, disarankan untuk mencobanya terlebih dahulu pada pergelangan tangan selama dua minggu sebelum kamu memutuskan untuk menggunakannya pada wajah. 

Satu hal yang penting untuk kamu perhatikan adalah bagaimana produk tersebut dipasarkan. Meski beberapa label pelembap mengatakan kandungannya hypoallergenic, bisa saja ada beberapa kandungan lainnya yang dapat memicu alergimu. Jadi sebelum membeli, lakukan hal tersebut untuk menghindari boros bujet belanjamu.



Fakta #5
Sehabis Toning Adalah Waktu Tepat Pakai Pelembap


Yap, waktu yang tepat untuk mengaplikasikan produk pelembap adalah sesaat setelah menggunakan toner. Kulitmu akan lebih siap untuk menerima manfaat maksimal moisturizer yang kamu aplikasikan. Namun jika ternyata penggunaan pelembap dapat membuat wajahmu iritasi, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kulit terpercaya ya, Beautynesian!