1. Air Putih

Saat mentruasi sepertinya semuanya terasa sangat melelahkan, bukan? Ada baiknya, coba lah untuk sering mengonsumsi air putih yang dapat mencegah tubuh dari dehidrasi dan menggantikan cairan tubuh yang hilang. Tentunya, air hangat akan lebih baik dikonsumsi ketika menstruasi karena bisa meredakan perut yang sedang kram. Untuk membuat rasanya menjadi lebih beda dan unik, kamu bisa tambahkan beberapa dedaunan herbal seperti daun teh atau kelopak bunga krisan yang dapat merileksasikan otot perut.
 

source: http://www.bottledwatermatters.org/article/staying-hydrated-choosing-healthy-drinking-water


 

2. Yogurt Smoothies

Selain mengatasi kram perut, yogurt smoothies akan memberikan tambahan kalsium dan probiotiks di dalam tubuh. Kalsium sendiri dapat meredakan kram di perut, sedangkan probiotiks memperlancar pencernaan perutmu selama kram. Kandungan kalsium juga dapat kamu temukan pada dairy products lainnya seperti keju, tulang salmon, dan sayuran. Kamu juga bisa menambahkan buah favorit kamu ke dalam yogurt smoothies ini.
 

source: http://www.wikihow.com/Make-a-Fruit-and-Yogurt-Smoothie


 

baca juga

3. Smoothies Sayuran

Sayuran berwarna hijau pekat mengandung magnesium yang sangat tinggi yang bagus untuk meredakan keram di perut, seperti misalnya sayuran bayam, kale, dan mustard. Sayuran ini dapat kamu jus bersama dengan buah-buahan manis seperti apel dan buah beri untuk menambah rasa manis dan segar pada smoothies. Dijamin, rasanya akan sangat yummy dan menyenangkan untuk perut kram kamu.

source: http://dailyburn.com/life/recipes/healthy-green-smoothie-recipes/


 

4. Teh Jahe

Jahe sangat efektif untuk meredakan rasa kram perut pada saat menstruasi. Apalagi ketika digabungkan dengan teh yang aromanya sangat menenangkan, minuman ini bisa membuatmu menjadi lebih rileks. FYI, jahe mengandung germanium yang sangat tinggi dan berguna untuk menambah jumlah oksigen di dalam tubuh. Semakin banyak oksigen yang masuk ke dalam perut, maka rasa sakit juga akan berkurang. Jadi ketika kamu sedang kram, sebaiknya minum jahe hangat untuk meredakan rasa sakit tersebut. 
 

source: http://www.vemale.com/kesehatan/69988-ternyata-minum-teh-jahe-membantu-menurunkan-berat-badan.html


 

baca juga

5. Jus Plum

Saat menstruasi, pencernaan juga akan terganggu, sehingga perutmu terasa tidak nyaman. Karena itu, kamu bisa mengatasi dengan jus buah plum yang dapat membuat sistem percernaan kamu menjadi lebih lancar. Tapi, kamu juga perlu berhati-hati ya Beautynesian karena hasilnya kamu akan ingin segera ke toilet secara mendadak. Buah ini juga dapat menenangkan otot perut sehingga kram pun teratasi.
 

source: http://www.newhealthadvisor.com/Prune-Juice-for-Babies.html