Mungkin kamu sudah membaca banyak tips tentang jerawat dan telah melakukan berbagai tips yang disaran. But does that really work? Sebenarnya untuk bisa mengatasi masalah jerawat, kamu hanya perlu menelusurinya dari akar permasalahan mengapa jerawat bisa sampai muncul. Kalau kamu sudah memahami proses detail tentang proses pertumbuhan jerawat, kamu bisa mencegahnya dari akar!

 

Proses Terbentuknya Jerawat


source: http://www.15minutebeauty.com/2013/02/Acne-101-howitstarts-howtotreat.html


(1) Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah pada lapisan kulitmu terdapat folikel rambut yang juga merupakan tempat kelenjar minyak yang bertugas memproduksi minyak pada wajah. Jika dalam keadaan normal, sel kulit mati di wajahmu akan mengelupas dengan sendirinya dan digantikan dengan sel kulit yang baru.

(2) Tapi jika cycle alami tersebut bermasalah, sel kulit mati akan tetap menempel dan mengendap sehingga kelenjar minyak akan terpicu untuk memproduksi lebih banyak minyak. Efek sampingnya, sel kulit mati dan minyak akan menumpuk di area folikel rambut yang akan mengakibatkan infeksi.

(3) Ketika terjadi infeksi di bagian folikel rambut, sel darah putih akan mulai masuk ke dalam folikel rambut dan bakteri dari luar juga akan ikut bergabung. Di sini lah radang jerawat akan mulai tumbuh. 

(4) Jika proses di atas terus-terusan berlanjut dan tidak segera diatasi, jerawat yang meradang bisa semakin membersar seiring dengan semakin banyaknya sel kulit mati, minyak, dan bakteri yang bercampur di dalam folikel rambut tersebut. And this is how the acnes are formed. 
 

baca juga


Cara Mengatasi Jerawat


Metode #1: Menormalkan Sel Kulit

source: http://www.15minutebeauty.com/2013/02/Acne-101-howitstarts-howtotreat.html


Treatment pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi jerawat adalah dengan mencegahnya dari awal siklus pertumbuhan jerawat, yaitu sel kulit mati yang menumpuk, Kamu bisa mengatasi sel kulit mati ini dengan menggunakan retinoid. Retinoid ini akan membantu menormalkan kulitmu sehingga jumlah sel kulit mati bisa berkurang. Jika kamu berhasil mengurangi jumlah sel kulit mati, maka chance untuk pori-pori tersumbat akan semakin mengecil, sehingga jerawat bisa dicegah.
 


Metode #2: Mengurangi Jumlah Bakteri
 
source: http://www.15minutebeauty.com/2013/02/Acne-101-howitstarts-howtotreat.html


Kamu pasti ingat kan kalau di siklus pertumbuhan jerawat, bakteri berperan besar dalam memperparah inflamasi pada pori-pori folikel rambut. Karena itu, kalau kamu berhasil mengatasi bakteri p.acnes yang merupakan bakteri penyebab jerawat, kamu bisa mencegah jerawat agar tidak muncul. 

Ada dua bahan aktif yang bagus untuk memerangi bakteri penyebab jerawat, yaitu Benzoyl Peroxide dan antibiotikBenzoyl Peroxide akan memproduksi zat radikal bebas pada kulit yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Tapi, kamu harus keep in mind bahwa radikal bebas yang dibawa oleh Benzoyl Peroxide ini akan memberikan efek samping pada kulitmu dan bisa mempercepat penuaan dini. 

Sementara itu, antibiotik seperti Clindamycin atau Erythomycin merupakan jenis yang paling sering digunakan untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Tapi, biasanya untuk mendapatkan kedua antibiotik ini perlu melalui resep dokter. Jadi, mungkin kamu bisa mencari alternatif bahan aktif lain yang mengandung antibiotik, misalnya saja Sulfur. 
 

baca juga


Metode #3: Bersihkan Pori-Pori dari Jerawat
 

source: http://www.15minutebeauty.com/2013/02/Acne-101-howitstarts-howtotreat.html


Tentu saja membersihkan pori-pori kulit dari jerawat bukanlah hal yang mudah karena kamu tidak boleh asal memencet jerawatmu begitu saja. Untuk membersihkan pori-porimu dari jerawat, kamu bisa menggunakan Masker Gelatin atau Masker Lumpur. Selain itu, AHA dan BHA juga bagus untuk membersihkan jerawat. BHA seperti salicylic acid merupakan bahan yang efektif untuk mengatasi jerawat karena mampu larut serta menembus minyak dan lemak jerawat. Salicylic acid juga mengandung anti-inflammatory properties lho sehingga bagus untuk meredam iritasi akibat jerawat. 
 


Metode #4: Mengurangi Inflamasi

source: http://www.15minutebeauty.com/2013/02/Acne-101-howitstarts-howtotreat.html


Mengurangi peradangan pada jerawat juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk membunuh jerawat. Ada beberapa cara untuk menghentikan peradangan jerawat, yaitu dengan menggunakan steroids, antibiotik serta salicylic acidSemua bahan ini mengandung anti-inflammatory properties yang bisa menghentikan peradangan pada jerawat dan mengempeskan jerawat dengan cepat. 
 


Metode #5: Mengurangi Produksi Minyak
 

source: http://www.15minutebeauty.com/2013/02/Acne-101-howitstarts-howtotreat.html


Untuk mengurangi produksi sebum di wajah, kamu bisa menggunakan Retinoid atau obat pengontrol hormon yang bisa meminimalisir timbulnya minyak pada wajah. Sebenarnya, tidak ada banyak cara yang bisa mengurangi produksi minyak pada kulit. Tapi, kamu bisa membantu dengan tidak memicu timbulnya minyak lebih parah dengan cara mencuci wajah maksimal 2 kali sehari agar kulitmu tidak kering sehingga kulit tidak memproduksi banyak minyak.