Kenapa Harus Mencuci Wajah Dengan Air Saja?

And here lies one important question, mengapa harus mencuci wajah dengan air biasa saja? Jawabannya adalah karena air bisa menjaga pH kulit agar tetap balance. Lapisan luar kulit kita berfungsi sebagai tameng yang menjaga kelembapan di dalam kulit. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu kalau kelembapan yang ada di dalam kulit tidak berasal dari luar, melainkan dari dalam.

Faktanya, moisturizer yang biasanya kamu gunakan hanyalah berfungsi untuk membantu mendorong air untuk masuk ke dalam lapisan kulit. Karena itu, lapisan terluar kulit sangatlah penting untuk menjaga kelembapan kulit untuk menghilang sehingga kulit menjadi dehidrasi. Unfortunately, sabun pencuci wajah ataupun cleanser yang biasa kamu gunakan bisa merusak kulit bagian luar. Jadi, alasan utama mengapa kamu harus membersihkan wajahmu menggunakan air biasa saja adalah agar kamu tidak merusak lapisan kulit terluar dan juga membantu menghidrasi wajah dengan air. 
 

source: http://funnysexy.ph/how-to-take-care-of-your-skin-when-you-are-doing-night-shifts/


 


Cara Membersihkan Wajah yang Benar Menggunakan Air



Step 1: Bersihkan Wajah Menggunakan Air yang Tepat

Beautynesian, tahukah kamu kalau tidak semua jenis air itu cocok untuk kulit wajah? Yup, misalnya saja menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin untuk mencuci wajah hanya akan membuat kulitmu kering. That's why, air hangat-hangat kuku atau lukewarm water sangat direkomendasikan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

Selain itu, jangan gunakan air keran untuk mencuci wajahmu ya Beautynesian karena air keran mengandung banyak bakteri. Sebaiknya, gunakan air matang yang telah direbus sebelumnya, sehingga bakteri yang ada di dalam air sudah terbunuh ketika kamu membersihkan wajah dengan air tersebut. 


Step 2: Tambahkan Garam ke Dalam Air

Ini dia rahasia kecantikan yang belum banyak diketahui. Garam asli mengandung antibakteri alami, which means sangat bagus untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan juga kotoran yang menempel di kulit wajah. Karena itu, dengan menambahkan garam ke dalam air bersih dan menggunakannya untuk membersihkan wajah, kamu sudah bisa mendapatkan manfaat dari facial wash biasa lho. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sea salt untuk membantu mengeksfoliasi dan toning kulit secara alami.
 

baca juga

Step 3: Oleskan Olive Oil pada Kulit

Selanjutnya, kamu bisa melembapkan kulitmu dengan menepuk-nepukkan olive oil pada kulit wajah. Diamkan selama 15 menit, dan bilas kembali menggunakan lukewarm water. Tapi kalau kamu memang merasa minyaknya tidak terlalu greasy atau sticky di wajah, kamu bisa membiarkannya semalaman. 
 

Step 4: Campurkan Gula ke Dalam Air Dua Kali Seminggu

Selain menggunakan sea salt, kamu juga bisa menggunakan gula untuk mengeksfoliasi kulitmu dua kali seminggu. Cukup tambahkan 1 sdm gula ke dalam air, aduk, dan lalu bilas wajahmu menggunakan air gula. Kamu juga bisa menggunakan gula sebagai scrub bibir untuk menjadikannya lebih halus. 
 


Bagaimana Beautynesian, apakah kamu tertarik untuk mencoba membersihkan wajahmu menggunakan air saja? Selain menggunakan air, kamu juga bisa mengganti cleanser dan facial wash milikmu dengan menggunakan natural oil yang bagus untuk membersihkan kotoran, namun tetap gentle di kulit. Bahkan, natural oil juga bisa membersihkan makeup yang waterproof lho. Yuk segera coba untuk kulit yang lebih sehat!
 
source: https://www.reddit.com/r/muacjdiscussion/comments/5mfxab/what_is_a_makeup_skill_that_others_seem_to_do/