Konsumsi Air Putih
 

source: http://fashionhealthbeauty.com

Saat kamu sedang menstruasi, sebenarnya tubuhmu juga mengalami dehidrasi, lho. Maka dari itu, minum air putih yang banyak akan berguna untuk mengurangi rasa pegal. Air putih dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang untuk mengurangi rasa pegal. Juga, perbanyak makan sayur dan buah yang mengandung cairan.



Membuat Tubuh Rileks
 

source: http://i.huffpost.com

Biarkan tubuhmu mengatasi rasa pegal secara alami dengan beristirahat dan bersantai. Jika tubuhmu sudah rileks, makan tubuh akan lebih mudah menyesuaikan diri untuk meredakan rasa nyeri. Pijatan pada bagian punggun juga efektif untuk mengatasinya. Jika belum juga mereda, kamu bisa mengompres punggung dengan air hangat maupun mandi dengan air hangat.

baca juga



Sering Melakukan Streching

source: http://2.bp.blogspot.com/

Streching ringan selama kurang lebih 10 menit setiap hari yuk! Hal tersebut akan bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri dan badan pegal saat kamu menstruasi. Selain membuat otot lebih fleksibel dan rileks, kegiatan ini juga bermanfaat untuk mempersiakan diri menghadapi hari pertama menstruasi.



Mengonsumsi Kunyit Asam
 

source: https://dokter.in/

Tahukah kamu, kunyit merupakan rempah alami yang dapat menghindari nyeri dan badan pegal saat menstruasi, lho. Sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang dalam masa PMS maupun menstruasi untuk meminum ramuan kunyit asam untuk menekan inflamasi atau peradangan. Inflamasi inilah yang menjadi salah satu biang nyeri perut, punggung, maupun masalah kewanitaan lainnya.

baca juga



Minum Air Hangat

source: http://cdn.klimg.com/vemale.com

Minuman hangat yang sangat cocok untuk meredakan nyeri misalnya jahe hangat, susu madu jahe, maupun minuman herbal lainnya. Hindari minuman yang mengandung kafein tinggi, alkohol, serta gula tinggi, karena dapat memperparah rasa nyeri dan pegal pada tubuhmu. Eits, meski teh tak dianggap meiliki kadar kafein rendah, sebaiknya kamu tak memimunya saat pegal melanda ya!



Mencari Posisi Ternyaman

source: http://timesofindia.indiatimes.com/

Sebenarnya sepele sih, karena saat kita merasa nyeri, kita akan mencari posisi tubuh ternyaman. Namun, jika kamu tak kuat menahan nyeri, cobalah untuk membaringkan tubuh dengan memposisikan kaki sedikit diangkat dengan diganjal bantal. Cara berbaring lain yang bisa kamu lakukan adalah berbaring dengan posisi miring dengan lutut ditekuk.



 

Well, jika nyeri punggungmu masih saja membuatmu terganggu karena tak kunjung reda dengan cara berikut, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter ya. Semoga bermanfaat, Beautynesian!