Selain mempercantik kulit dengan makeup, merawat kulit dengan skin care juga tidak kalah pentingnya lho, Beautynesian. And thankfully, sekarang sudah ada banyak wanita Indonesia yang sadar betul akan pentingnya perawatan kulit menggunakan skin care ini. Sedangkan di Indonesia sendiri, saat ini trend Asian skin care sedang menjadi sorotan dan bahkan popularitasnya menyaingi skin care Eropa yang dulu sempat menjadi primadona. Kalau berbicara tentang Asian skin care, pasti pikiran kamu langsung tertuju pada skin care Korea dan Jepang, dimana kedua produk dari masing-masing negara tersebut memang terbukti bagus dan cocok dengan jenis kulit wanita Asia. Kamu pasti setuju kan? Tapi walaupun sama-sama perawatan kulit Asia, ternyata kedua jenis perawatan ini berbeda lho. So, what's the difference?
 

source: http://www.projectvanity.com/projectvanity/2015/6/23/the-difference-between-korean-and-japanese-skincare


 


Popular Idol Groups vs Technology & Innovation


source: http://www.xiaovee.com/2015/06/iu-new-brand-ambassador-of-isoi.html


The first difference that is bluntly clear, skin care Korea mulai populer karena banyaknya promosi dan endorsement dari para idol groups dan artis ternama Korea yang semakin populer melalui fenomena K-Wave. Sementara itu, nama skin care Jepang mulai banyak dikenal karena teknologi, inovasi, serta detail-detail di balik produknya. Tapi, hal ini bukan berarti skin care Jepang lebih bagus dari skin care Korea ya. It's just a matter of different means that make them popular in the first place. 
 

<baca juga>


Glowing Skin vs  Soft-Looking & Plumpy Matte Skin


source: http://www.clozette.co.id/article/page/japanese-makeup-vs-korean-makeup-480/2

Let's move on to the more important discussion. Yang paling menjadi landasan pembeda kedua skin care Asia ini adalah hasil akhir atau skin goals yang bisa didapatkan. Kalau kamu perhatikan, wanita Jepang cenderung menyukai kulit wajah yang lembut, pipi merona natural, serta wajah yang matte tapi tetap kenyal dan sehat Tentu saja, beauty standard ini memengaruhi formula skin care yang mereka ciptakan agar bisa mencapai skin goals tersebut.

Sementara itu, wanita Korea lebih menyukai kulit wajah mereka glowing, cerah, dan terlihat lebih muda dari umur aslinya. Jadi, kebanyakan skin care Korea memberikan hasil akhir kulit wajah yang glowing, putih, dan juga kulit yang elastis. 
 


10-Step Skin Care Routine vs Simple Daily Skin Care Routine
Hal selanjutnya yang paling membedakan skin care Korea dan Jepang adalah langkah-langkah perawatannya. Kamu pasti sudah tahu kan kalau wanita Korea terkenal memiliki tradisi menggunakan skin care berlapis hingga 10 jenis skin care?  Perawatan ini termasuk oil cleanser, water-based cleanser, toner, exfoliator, essence, serum, sheet mask, eye cream, moisturizer, dan sunscreen. Mereka menganggap perawatan wajah harus dilakukan secara optimal, dan masing-masing produk skin care memiliki manfaat masing-masing untuk kulit. Jadi, menggunakan perawatan skin care berlapis ini bisa lebih memaksimalkan perawatan kulit. 

Berbeda dengan Korean skin care steps yang terkesan ribet, perawatan skin care Jepang cenderung lebih simple. Daripada menggunakan perawatan yang berlapis, skin care Jepang justru lebih mementingkan kebutuhan kulit yang lebih spesifik lagi hanya dengan satu lini produk. Kamu akan menemukan dua jenis moisturizer atau bahkan facial wash yang berbeda dalam satu produk yang sama. Misalnya, kamu bisa menemukan moisturizer pencerah dengan formula yang sama namun dibuat berbeda yang ditargetkan sesuai dengan jenis kulit. Mainly, bahan aktif dan fungsinya sama tapi hanya disesuaikan dengan jenis kulit yang lebih spesifik seperti kulit kering, berminyak, atau sensitif. 
 
source: http://daihatsu.co.id/kokgituya/article/lifestyle/bukan-suntik-putih-tapi-10-perawatan-ini-yang-bikin-wajah-kamu-sebening-song-hye-kyo
<baca juga>

Jadi, Mana yang Lebih Bagus?

Jawabannya hanya bisa ditentukan dengan kebutuhan kulit dan juga preferensi kamu. Kalau kamu lebih prefer kulit wajah yang glowing dan youthful, then you can go with Korean skin care. Tapi kalau kamu lebih menyukai kulit wajah yang halus dan putih alami, serta tidak menyukai perawatan yang ribet, mungkin skin care Jepang lebih cocok untukmu. Jadi, mana yang menurutmu lebih bagus?