Malang Strudel

Teuku Wisnu bisa jadi menjadi selebriti pertama yang membuka usaha kuliner di bidang makanan khas atau oleh-oleh suatu daerah. Bukan Jakarta yang dibidik olehnya, melainkan sebuah kota di Jawa Timur, yaitu Kota Malang. Ya, sejak Desember 2014, Teuku Wisnu membuka usaha Malang Strudel yang semakin kesini semakin berkembang hingga kini memiliki enam outlet resmi.
 

source: https://www.tokopedia.com/snackkhasmalang/strawberry-malang-strudel-teuku-wisnu


Malang Strudel adalah kue berlapis yang terbuat dari pastry dan berisikan buah - buahan. Kue ini sebenarnya merupakan kue khas dari Eropa, namun oleh Teuku Wisnu dimodifikasi sedemikian rupa supaya sesuai dengan cita rasa lokal. Teuku Wisnu membidik Kota Malang karena dikenal sebagai penghasil buah-buahan segar yang cocok digunakan sebagai bahan isian kue strudel. Varian yang ditawarkan oleh Malang Strudel diantaranya adalah Taro, Mangga, Nanas, Jeruk, Chocolate Banana, Strawberry, Keju, Mix Fruit, dan pastinya Apel. Harga yang ditawarkan adalah Rp54.000 - Rp62.000 untuk setiap kotaknya. Outlet pusat yang bisa dikunjungi adalah di Jl. Ardimulyo No.14 Singosari Malang.
 

Jogja Scrummy

Artis lain yang juga membuka usaha kuliner di bidang makanan khas suatu daerah adalah sahabat dari Teuku Wisnu, yaitu Dude Harlino. Dude membidik Kota Jogjakarta sebagai tempat dia memulai bisnis kuliner karena merasa ada banyak kenangan indah dalam hidupnya yang tercipta di Jogjakarta. Pada Juni 2016, Dude memperkenalkan usahanya yang diberi nama Jogja Scrummy. Sesuai dengan tagline nya, "Kini oleh-oleh Jogja tak hanya bakpia Jogja!", jajanan ini sekarang menjadi salah satu oleh - oleh khas Jogjakarta yang patut dicoba.
 

source: https://gudeg.net/read/9564/jogja-scrummy-paduan-unik-brownies-dan-pastry.html


Jogja Scrummy adalah bentuk kekinian dari penyajian brownies kukus. Jadi, kue scrummy ini terdiri dari dua lapis, di mana bagian atas adalah kue pastry panggang yang renyah berisikan filling berbagai rasa, dan bagian bawah berupa kue brownies kukus yang lembut dengan rasa yang sama dengan filling dari kue pastry. Rasa yang ditawarkan cukup beragam antara lain taro, cokelat, keju, srikaya, mangga, dan caramel. Jajanan ini bisa dibeli di salah satu dari 4 outlet resminya dengan harga Rp45.000 saja.
 

baca juga

Surabaya Snow Cake

Menyusul kesuksesan bisnis kuliner adik iparnya, Teuku Wisnu, Zaskia Sungkar pun mulai mencoba membangun bisnis kuliner miliknya. Surabaya menjadi kota yang dibidik oleh Zaskia Sungkar untuk memulai usaha kulinernya dengan membuka Surabaya Snow Cake pada awal Januari kemarin. Tanpa diduga, masyarakat Surabaya dan sekitarnya sangat menerima dengan baik kedatangan jajanan yang satu ini sehingga tidak heran jika saat ini jajanan ini menjadi salah satu oleh - oleh yang wajib dibeli saat berada di Kota Surabaya.
 
source: http://www.wulansari.net/2016/12/pre-launch-surabaya-snowcake-oleh-oleh-khas-surabaya.html


Apasih Surabaya Snow Cake itu? Surabaya Snow Cake adalah inovasi baru dalam menyajikan kue lapis surabaya supaya terlihat lebih kekinian. Kue lapis surabaya disajikan dengan tambahan kue pastry pada bagian atas dan bawahnya serta diberikan berbagai rasa seperti caramel, vanilla, choco banana, cheese, dan choco green tea. Bagi yang ingin membelinya bisa datang ke outlet resmi mereka di Jl. Flores No. 15 Surabaya. Untuk setiap kotak Surabaya Snow Cake dijual dengan harga Rp55.000 - Rp59.000 saja.
 

Medan Napoleon

Jika Zaskia Sungkar berhasil memperkenalkan Surabaya Snow Cake di awal tahun 2017 ini, ternyata oh ternyata sang suami sudah lebih dahulu membuka usaha kuliner di bidang yang sama. Ya, Irwansyah membuka usaha jajanan kekinian khas Medan yang diberi nama Medan Napoleon sejak Oktober 2016. Seperti apakah jajanannya?
 

source: http://daftarhargadelivery.blogspot.co.id/2016/11/daftar-menu-dan-harga-kue-di-medan-napoleon-terbaru.html


Sama halnya dengan Surabaya Snow Cake, Medan Napoleon juga merupakan inovasi dari makanan khas yang ada di Kota Medan. Jika kita berkunjung ke Medan pasti yang terpikirkan adalah kue bolu yang sudah terkenal kelezatannya. Nah kue bolu inilah yang kemudian diolah kembali supaya menjadi lebih kekinian dan disukai kaum muda. Jadi seperti yang dilihat pada gambar, Medan Napoleon ini merupakan kue pastry yang dibalut dengan kue bolu yang diberi rasa - rasa tertentu. Rasa yang ditawarkan cukup beragam antara lain red velvet, chocolate, durian, cheese, extra cheese, caramel, dan green tea. Tertarik mencoba? Cukup membelinya dengan harga Rp55.000 - Rp75.000 saja di outlet resmi mereka Jl. Wahid Hasyim No.46/35 Medan Baru.
 

baca juga

Bosang Makassar

Ricky Harun juga tidak ingin kalah dengan selebriti yang lain. Pada Januari 2017 ini Ricky memulai usaha kuliner di sektor oleh - oleh dengan membuka Bosang Makassar. Ya sesuai dengan namanya maka sudah jelas bahwa Kota Makassar menjadi tempat dimana Ricky menjual produk jajanannya. Konsep jajanan yang fresh from the oven dan tanpa menggunakan bahan pengawet membuat Ricky yakin bahwa Bosang Makassar dapat menjadi oleh - oleh baru khas Makassar.
 
source: http://makassarkuliner.com/bosang-makassar-oleh-oleh-na-kota-makassar-yang-hits-dan-kekinian-by-ricky-harun/


Masih menggunakan menu kue pastry, Bosang Makassar merupakan jajanan kekinian yang memadukan cheese cake dengan kue pastry dalam satu sajian. Kue pastry-nya terletak di bagian tengah dan diapit dengan lapisan cheese cake beraneka rasa di bagian atas dan bawahnya. Menariknya, cheese cake tersebut memiliki beragam pilihan rasa mulai dari pisang, cokelat, durian, green tea, keju, lemon, hingga red velvet. Untuk menikmati sekotak Bosang Makassar bisa membelinya dengan harga Rp49.000-Rp55.000 di outlet resmi mereka di Jl. DR. Ratulangi No 106 Makassar.
 

Makassar Baklave

Di bulan yang sama dan di kota yang sama dengan peluncuran Bosang Makassar, Irfan Hakim juga memulai bisnis kulinernya di bidang oleh - oleh. Irfan memperkenalkan bisnis barunya yang diberi nama Makassar Baklave pada bulan Januari 2017. Mengapa Makassar dipilih Irfan menjadi tempat dia memulai bisnisnya? Rupanya Irfan memiliki kenangan manis terhadap Kota Makassar. Saat dahulu dia masih berpacaran dengan istrinya, dia diharuskan datang ke Makassar terlebih dahulu untuk meminta ijin kepada ayah mertuanya yang saat itu menjabat sebagai Pangdam VII Wirabuana.
 
source: http://makassarkuliner.com/nikmatnya-makassar-baklave-by-irfan-hakim/


Baklava sendiri sebenarnya adalah hidangan penutup khas Turki yang berupa tumpukan kue pastry tipis (fillo). Namun dalam pembuatan Makassar Baklave, Irfan melakukan modifikasi agar cita rasanya sesuai dengan lidah orang Indonesia dengan menambahkan lapisan cotton cake lembut di bagian bawahnya. Di bagian tengah antara kue pastry dan cotton cake diberikan juga isian yang memiliki berbagai pilihan rasa seperti royal chocolate, nutty fruity, oreo blast, banana fluffy, dan rich cheese. Kamu bisa mencoba sensasi manisnya Makassar Baklave dengan membelinya seharga Rp65.000 di gerai resminya Jl. Sultan Hasanuddin No. 31 Makassar.
 


Itu dia beberapa daftar oleh - oleh kekinian yang wajib dicoba saat berkunjung ke daerah. Setelah ini akan ada Laudya Cynthia Bella yang akan menyusul teman - temannya dengan membuka Bandung Makuta. Namun, belum ada bocoran mengenai  seperti apa jajanan tersebut dan kapan akan diluncurkan.