1. Kenali Penyebabnya

Latar belakang rasa malas yang dimiliki setiap orang tidaklah sama. Hal itu dapat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan keadaan psikisnya.
source: http://www.nepatas.com/mading/all.php
Penyebab kemalasan adalah cinta kesenangan, mengutamakan pengangguran dan tidak siap menghadapi kesulitan. Bisa juga rasa malas timbul karena tabiat/kebiasaan seseorang yang cenderung bermalas-malasan, keadaan lingkungan juga berpengaruh terhadap mood/selera seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan.
source: https://glegers.wordpress.com/tag/penyebab-malas/

2. Fokuskan Tujuan

Terkadang rasa malas timbul karena terlalu banyaknya tujuan yang ingin dicapai sehingga terasa mustahil untuk dilakukan sekaligus semuanya. Prioritaskan tujuan yang realistis untuk dicapai.
source: http://www.wikihow.com/Overcome-Laziness

3. Latihan

Rasa malas juga dapat timbul ketika kita merasa kesulitan dalam mengerjakan sesuatu. Hal itu bisa disebabkan karena kita kurang terbiasa menghadapinya.
source: http://trainerlaris.com/profiles/blogs/bisa-karena-biasa-biasa-karena-pembiasaan-by-bambang-nugroho

4. Berpikir Positif tentang Diri Sendiri

Jika Minasan bersifat pesimis maka akan susah untuk membangkitkan semangat diri sendiri. Berpikir positif tentang diri sendiri sangat penting untuk motivasi internal.
source: http://jiantia.stripzone.web.id/kepribadian-anda-sukses-anda-2/
http://jiantia.stripzone.web.id/kepribadian-anda-sukses-anda-2/
source: http://jiantia.stripzone.web.id/kepribadian-anda-sukses-anda-2/

5. Melihat Sesuatu dari Segi Manfaat

source: http://vettums.tumblr.com/post/38259974319/motiveweight-think-about-the-benefits
Lebih baik pikirkanlah keuntungan yang dapat Minasan peroleh jika mampu mengatasi rasa malas dan mulai bekerja daripada berpikir tentang kesulitan dan halangan. Berfokus pada kesulitan akan membuat Miansan semakin berputus asa, menghindari tindakan nyata dan menjadi pemalas.
source: http://www.successconsciousness.com/overcoming-laziness.htm

6. Cobalah untuk Lebih Terorganisir

source: http://www.rumahtips.com/8-tips-ampuh-mengatasi-rasa-malas.html
Biasakanlah untuk hidup teratur dan disiplin. Buatlah jadwal dan program harian yang harus Anda jalankan seperti waktu bangun pagi, berolahraga, waktu makan dan waktu tidur secara teratur. Hidup yang teratur akan membuat Anda terhindar dari rasa malas.
source: http://www.rumahtips.com/8-tips-ampuh-mengatasi-rasa-malas.html
source: http://www.modernparentsmessykids.com/2012/02/im-woman-with-plan-and-routine-and.html

7. Mulai!

Ini tentu menjadi langkah yang sangat menentukan. Apa jadinya jika semua sudah Anda perbaiki dan rencanakan namun tidak ada aksi yang sesungguhnya? Selamat mencoba!