Deodoran sudah menjadi bagian dari body care yang nggak pernah  kamu lewatkan sehabis mandi. Sebab, deodoran akan menjaga tubuhmu bebas dari bau badan seharian. Sayangnya, hampir semua deodoran yang kamu miliki ternyata memiliki kandungan bahan kimia yang cukup tinggi. Terutama, kandungan paraben yang diduga menjadi salah satu penyebab kanker payudara.

Well, tentunya kamu tak ingin bahan kimia terus menumpuk di dalam tubuhmu jika kamu ingin selalu terbebas dari bau badan, bukan? Berikut ini adalah resep DIY deodoran lavender alami yang bisa kamu andalkan untuk mencegah bau badan. Yuk buat sendiri di rumah!

source: http://www.hollywoodhomestead.com

 



Bahan yang Dibutuhkan

source: http://sixdollarfamily.com
  • 2 sdm coconut oil
  • 2 sdm shea butter
  • 2 sdm beeswax
  • 3 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 sdt minyak vitamin E atau setara denagn 4 kapsul vitamin E
  • 7 tetes lavender essential oil
  • 3-5 tetes tea tree oil
<baca juga>


Step 1
source: http://sixdollarfamily.com

Pertama, campurkan semua bahan, kecuali baking soda, tepung maizena dan bahan-bahan minyak dalam sauce pan berukuran medium. Lelehkan perlahan dalam api kecil dan pastikan kamu terus mengaduknya. Beeswax membutuhkan waktu lama untuk leleh dibandingkan dengan bahan lainnya, jadi pastikan kamu selalu mengawasi bahan-bahan yang kamu lelehkan agar tidak tampak gosong.


Step 2

source: http://sixdollarfamily.com/

Setelah semua bahan tercampur rata, matikan api dan campurkan baking soda serta tepung maizena. Pastikan kamu mencampurnya secara merata dan berulang kali. Sebab, campuran tadi akan memadat saat mendingin dan tidak diaduk. Maka dari itu, sebelum memadat, tambahkan essential oil. Jangan menunggu hingga dingin, karena akan membuat bahan-bahan minyak tak dapat tercampur dengan baik.

<baca juga>



Step 3

source: http://sixdollarfamily.com

Jika semua sudah tercampur rata, tempatkan deodoran pada wadah kecil maupun deodorant tube. Cara menggunakannya, kamu bisa mengambil formulanya dengan stik es krim atau ambil dengan tangan dan oleskan pada ketiak. Dijamin, kamu akan bebas bau keringat dan ketiak tetap wangi seharian.



Apa sih bahan yang bikin deodoran alami ini sama efektifnya seperti deodoran lainnya?

Salah satu kandungan dari deodoran alami ini, yakni tea tree oil dipercaya sebagai bahan anti bakterial yang dapat menimbulkan bau badan. Sehingga, saat digunakan, aroma ketiak akan tetap tercium segar dan bersih. Selain itu, essensial oil seperti lavender dapat memberi ketenangan dan wangi lembut pada ketiakmu. Kamu juga bisa mengganti lavender dengan essential oil lainnya. Yuk coba membuatnya, Beautynesian!