Sate Taichan adalah sate ayam yang disajikan dengan cara baru, yaitu berwarna putih, tidak menggunakan bumbu kacang, namun menggunakan bumbu khusus. Bumbu khusus tersebut adalah sambal yang diolah dari cabai rawit merah yang dihaluskan lalu dicampur dengan jeruk nipis dan garam sehingga menghasilkan sensasi rasa asin, asam, dan pedas.

source: https://www.divertone.com/asal-mula-rahasia-sate-taichan/

Di Jakarta sendiri terdapat beberapa gerai yang menjual sate taichan. Dimana sajakah? Yuk simak rekomendasinya berikut ini.

Sate Taichan Amir

Salah satu warung sate taichan yang paling terkenal di daerah Senayan adalah Sate Taichan Amir. Maklum saja, Pak Amir termasuk salah satu orang yang berhasil memperkenalkan sate taichan untuk pertama kali. Pak Amir sendiri awalnya adalah penjual sate biasa yang sudah berjualan sejak tahun 1981. Namun, pada tahun 2012 dia mulai menjual menu baru yang diberi nama sate taichan setelah dia bertemu dengan seorang pembeli asal Jepang yang meminta memasak sate sendiri di gerai milik Pak Amir.

source: http://guide.pomona.co.id/orang-jepang-si-penemu-sate-taichan/

Warung Sate Taichan Amir ini benar - benar sederhana, hanya berupa warung tenda kaki lima yang selalu dipenuhi pengunjung. Harga yang ditawarkan di warung ini juga cukup terjangkau yaitu Rp.2.000 per tusuk. Untuk menghindari antrian lebih baik datang sesaat setelah warung buka atau pukul 18.00.

baca juga

Sate Taichan 87 Bang Ocit

Bang Ocit adalah salah satu teman yang juga diajak oleh Pak Amir berjualan sate taichan untuk pertama kali. Lokasinya tidak jauh dari gerai milik Pak Amir, yaitu di daerah Jl. Asia Afrika Senayan. Untuk menemukannya sangatlah mudah yaitu hanya dengan cara mencari warung yang paling ramai dikunjungi oleh pengunjung.

source: http://kodeposindo.xyz/alamat/sate-taichan-87-bang-ocit/56508496498e310b3bb407e1/
Warung milik Bang Ocit ini memang hanya dilengkapi dengan dua tenda tetapi banyak pengunjung yang rela makan sambil berdiri atau ada juga yang duduk di bagasi belakang mobil. Padahal untuk mendapatkan seporsi sate taichan saja mereka harus menunggu selama kurang lebih satu jam. Harga yang ditawarkan oleh Bang Ocit juga sama dengan Pak Amir yaitu Rp.2.000 per tusuk.

Sate Taichan Kemang "Bro Rio"

Sate Taichan Kemang Bro Rio atau yang biasa dikenal dengan Sate Taichan Kemang ini sudah ada sejak tahun 2015. Pemilik Sate Taichan Kemang awalnya tertarik membuat usaha sate taichan setelah dirinya mencoba kenikmatan sate taichan di salah satu warung di daerah Senayan. Saat ini gerai yang berlokasi di Jl. Kemang Raya No 24 ini sudah memiliki jaringan franchise di beberapa daerah.

source: https://pergikuliner.com/restaurants/jakarta/sate-taichan-kemang-bro-rio-kemang/reviews/3236191426
Keistimewaan sate taichan di daerah Kemang ini adalah bumbunya yang terasa lebih pedas daripada sate taichan yang banyak dijual di daerah Senayan. Maklum saja, sate di warung ini dibumbui sambal terlebih dahulu sebelum dibakar kemudian akan disiram kembali dengan sambal setelah dibakar. Selain itu sate yang disajikan benar - benar pure fillet daging ayam tanpa adanya tambahan kulit atau kelenjar minyak. Untuk menikmati seporsi sate taichan berisi 10 tusuk, pengunjung hanya cukup membayar sebesar Rp.20.000 saja.
baca juga

Sate Taichan Mpe

Bergeser ke daerah Utara tepatnya di daerah Kelapa Gading. Nah, salah satu gerai sate taichan yang ramai pengunjung di daerah ini adalah Sate Taichan Mpe. Salah satu hal yang menarik dari Sate Taichan Mpe adalah pengunjung dapat memilih jenis daging yang akan dikonsumsi, mulai dari daging paha ayam, daging dada ayam, sampai dengan daging tulang punggung ayam!

source: https://instanonymous.com/t/satetaichanmpegading

Harga yang ditawarkan cukup beragam. Untuk menu daging paha ayam dijual dengan harga Rp.20.000 per porsi (10 tusuk), untuk daging paha ayam dijual dengan harga Rp.25.000 per porsi, sedangkan untuk daging tulang punggung ayam dijual dengan harga Rp.40.000 per prosi. Karena gerainya hanya berupa tenda dan beberapa tempat duduk saja maka sebaiknya datang berkunjung sebelum pukul 20.00 jika tidak ingin menunggu terlalu lama.

Kedai Uncle Do Sate Taichan

Salah satu kedai sate taichan yang ramai dikunjungi pengunjung di daerah Tebet adalah Kedai Uncle Do. Uniknya, kedai ini tidak hanya menjual sate taichan saja loh, ada juga menu unik yang juga perlu dicoba di tempat ini yaitu Pasta Taichan dan Nasi Goreng Taichan. Bagi yang tidak suka pedas namun ingin mencoba menu taichan maka perlu datang ke tempat ini karena mereka menyajikan dua jenis sambal yaitu sambal pedas dan pedas manis. Harga yang ditawarkan di kedai ini cukup terjangkau. Seluruh menu taichan dibanderol dengan harga Rp.20.000 per porsi, baik untuk sate, pasta, maupun nasi goreng. Bagi yang ingin mencoba silahkan datang ke Jl. Tebet Raya No. 52 mulai pukul 11.00 - 01.00.
source: https://twitter.com/satetaichan/status/685861662511902720

Warung Gendoed - Sate Taichan Bintaro

Nah bagi yang tidak suka menikmati sate taichan di warung tenda, bisa mampir ke tempat yang berada di daerah Bintaro ini. Mengapa? karena Warung Gendoed ini memiliki konsep berupa kedai kecil dengan suasana rumahan. Ternyata oh ternyata, di tempat ini juga menjual menu seperti di Kedai Uncle Do loh, yaitu Pasta Taichan! Harga untuk seporsi sate taichan berisi 10 tusuk di tempat ini adalah Rp.20.000. Bagi yang ingin menikmati sate taichan di siang hari tempat ini wajib dikunjungi karena buka mulai pukul 11.00 - 22.00.

source: https://www.zomato.com/id/jakarta/sate-taichan-bintaro-bintaro/photos

Taichan Sate Pedes Leziss

Warung yang satu ini terletak di sebuah foodcourt bernama Dapur Pejaten yang berada di bekas SPBU Pejaten. Lokasinya terbilang cukup kecil karena hanya tersedia dua meja yang masing - masing hanya muat untuk 6 orang. Namun jangan khawatir, saat ramai pengunjung bisa memilih take away karena mereka juga menyediakan alumunium foil untuk menjaga kehangatan sate selama perjalanan ke rumah. Untuk seporsi menu sate taichan di tempat ini berisi 15 tusuk dibanderol dengan harga Rp.30.000.

source: https://www.qraved.com/id/jakarta/taichan-sate-pedes-leziss-pasar-minggu

Sate Taichan Jawara

Diberi nama Sate Taichan Jawara karena warung ini berada di dalam foodcourt Jawara di Jl. Meruya Ilir, Kebon Jeruk. Hidangan utama yang disajikan memang tidak jauh berbeda dengan di tempat lain, namun yang membuat berbeda adalah side dish yang digunakan. Jika biasanya sate ditemani dengan nasi atau lontong, di tempat ini justru disajikan dengan kentang loh! Kentang yang digunakan juga bukan frozen french fries melainkan kentang yang direbus kemudian digoreng sendiri.

source: http://www.pictaram.com/user/satetaichanjawara/3982286573

Namun bagi yang tidak suka kentang tidak perlu khawatir karena mereka juga menyediakan lontong. Harga seporsi sate taichan tanpa side dish adalah Rp.22.000 sedangkan untuk menu yang dilengkapi side dish baik kentang maupun lontong dijual dengan harga Rp.25.000.

Tempat manakah yang ingin kalian coba? Yuk share di kolom komentar!