1. Unthuk Yuyu

Tak hanya termasuk jajanan yang unik, namanya pun juga tidak kalah unik. Kue kering yang diberi nama unthuk yuyu ini dalam bahasa Jawa berarti busa kepiting. Unthuk sendiri berarti busa, sedangkan yuyu adalah kepiting. Hal ini berdasarkan fenomena ketika seekor kepiting keluar dari liang yang kemudian mengeluarkan gelembung-gelembung yang menyumbul dari permukaan. Kue unthuk yuyu ini bentuknya memang seperti gelembung yang tak beraturan. Rasanya yang gurih membuat kamu tidak cukup memakannya hanya 1 buah saja.
 

source: http://indonesiakick.blogspot.co.id/2015/02/jajanan-tradisional-yang-aneh-dan-unik.html


 

2. Cilok

Apakah kamu salah satu penggemar jajanan cilok ini? Cilok merupakan jajanan khas Bandung yang sudah meluas dan banyak digemari di Indonesia. Bentuknya bulat-bulat seperti pentol bakso tapi lebih kenyal karena selain tepung terigu, bahan dasarnya juga menggunakan tepung aci (tepung tapioka atau tepung kanji). Cilok atau aci dicolok ini disajikan dengan bumbu kacang atau sekarang bisa juga disantap dengan dengan saus atau mayonise.
 

source: http://www.kulinersehat.com/resep-membuat-cilok-sederhana/


 

baca juga

3. Putu Mayang

Putu mayang ini di beberapa daerah memiliki nama yang berbeda. Di Banyuwangi dikenal dengan patola, sedangkan di Malang atau Surabaya orang biasa menyebutnya petulo. Bahan utamanya adalah tepung beras dan tepung tapioka. Jika dilihat tampilannya mirip unthuk yuyu, tapi putu mayang ini dikukus sehingga teksturnya lembek. Penyajiannya dengan kuah santan yang sudah diberi gula merah. Agar lebih menarik biasanya putu mayang diberi pewarna makanan sesuai selera. 

source: http://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-kue-putu-mayang-yang-manis-enak-dan-sederhana

4. Madu Mongso

Jajanan unik satu ini dahulu biasanya hadir sebagai suguhan ketika dilangsungkannya hajatan atau saat idul fitri. Madu mongso biasanya dibungkus kertas warna-warni atau plastik bening dengan cara membungkus yang unik dan khas. Madu mongso dibuat dari olahan tape ketan hitam, santan dan gula merah. Jadi untuk membuat madu mongso, terlebih dahulu kamu harus membuat tape dari ketan hitam dan butuh beberapa hari untuk membuatnya. Namun, jika kamu ingin segera membuat madu mongso tanpa menunggu beberapa hari, kamu bisa membeli tape ketan hitam di toko, pasar, atau supermarket terdekat.
 

source: http://www.menuinternasional.com/2016/01/resep-madu-mongso.html


 

baca juga

5. Bagiak

Bagiak adalah kue kering yang terbuat dari tepung sagu. Aromanya seperti rempah keningar dan teksturnya lembut. Selain tepung sagu, bahan lain untuk membuat kue ini adalah gula dan juga tapioka. Selain di Banyuwangi kamu juga bisa menjumpai kue ini dengan nama yang sama saat berkunjung ke Bali. Biasanya bagiak dibeli sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke daerah tersebut. 
 

source: https://jualkuekeringlebaranonline.wordpress.com/2014/07/06/resep-kue-bagiak-kering/


 

6. Lepet

Namanya unik dan dikemas dengan cara yang unik juga. Lepet biasanya hadir ketika Idul Fitri sebagai pendamping ketupat dan opor. Sebelum membuat lepet yang berbahan dasar beras ketan dan kelapa, kamu terlebih dahulu harus menyiapkan pembungkusnya yaitu daun kelapa muda atau janur. Membuat lepet memang agak rumit, tapi kalau sudah jadi, the taste will paid off.
 

source: https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/lepet-teman-tepat-saat-santai-di-sore-hari


 

7. Kue Pancong

Kue Pancong ini termasuk jajanan pasar yang unik juga dan sampai saat ini masih banyak dijumpai setiap hari di daerah Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor dan Serang. Berbahan dasar tepung beras, kelapa parut dan santan, kue pancong sudah menjadi idola di kalangan warga Jawa Barat. Bahkan untuk topping-nya pun sekarang bisa disesuaikan selera. Jika di Jawa Timur kue ini dikenal dengan nama kue rangin dan biasa dijual di pinngir-pinggir jalan atau pasar.
 

source: http://resepmembuat.com/resep-cara-membuat-kue-pancong-kelapa-enak/