Ternyata dengan memanfaatkan bahan alami, kamu sudah dapat bisa mendapatkan hair removal yang nggak kalah ampuhnya dengan waxing di salon. Justru, dengan bahan yang alami, biasanya rasa sakitnya nggak separah yang kamu rasakan dengan menggunakan gel biasa karena formulanya tidak terlalu menempel kuat pada kulit. Ini dia cara DIY waxing gel yang berbahan dasar gula!



Bahan-Bahan

  • 2 gelas gula pasir (1 gelas kurang lebih 140 gram)
  • 1/4 gelas perasan lemon (1 gelas sekitar 250 ml)
  • 1/4 gelas air
Tips: hilangkan bulir-bulir pada air perasan lemon terlebih dahulu
source: https://getcleangirls.wordpress.com/2012/05/30/pulling-my-hair-out-diy-sugar-waxing/
baca juga


Cara Membuat



Step 1

Campurkan semua bahan-bahan ke dalam panci dengan api sedang. Tetaplah mengaduk campuran agar tidak gosong. Gunakanlah panci yang tebal dan tahan karat karena jika kamu menggunakan panci yang tipis, larutan gula akan matang terlalu cepat dan mudah gosong. 
source: http://hairremoval.about.com



Step 2

Setelah mendidih, kecilkan api dan panaskan kembali selama 25 menit. Proses ini dilakukan supaya hasil akhirnya tepat. Jika tidak dipanaskan kembali selama 25 menit, dikhawatirkan tekstur hair removal dari gula ini akan terlalu lengket digunakan.

source: http://hairremoval.about.com
baca juga



Step 3 

Larutan gula akan terlihat berubah warna menjadi agak kecoklatan lama kelamaan. Namun, ini bukanlah hasil akhirnya. Masih perlu untuk dimasak lebih lama lagi untuk mendapatkan warna yang tepat.

source: http://hairremoval.about.com



Step 4

Nah, setelah dipanaskan, warna hair removal ini seharusnya coklat kemerah-merahan. Jika sudah berwarna demikian, kamu boleh angkat panci dari kompor (hati-hati Beautynesian, karena ini panas sekali!) dan dinginkan selama 10 menit sebelum menaruhnya di wadah yang kedap udara.

source: http://hairremoval.about.com



Step 5

Simpan hair remover dalam wadah yang kedap udara, karena masuknya udara akan membuat hair removal terlalu lengket untuk digunakan nantinya. Warna yang tepat adalah warna yang gelap seperti gambar sebelah kiri di bawah ini. Jika warna hair removal masih lebih terang, itu berarti kamu kurang lama memasaknya sehingga teksturnyapun akan lebih lengket.

source: http://hairremoval.about.com



Tips: Jika hair removal ini suatu saat mengeras dan tidak bisa digunakan, kamu bisa mencairkannya kembali dengan cara menuangkan satu sendok air kedalam hair remover lalu memanaskannya kembali dengan menggunakan microwave untuk beberapa saat. Aduk dan biarkan hair remover mendingin dan siap digunakan kembali.