Tentang Kanker Payudara

Kanker adalah suatu penyakit berbahaya yang terjadi akibat adanya kelainan siklus sel yang membuat pertumbuhan sel menjadi tidak terkendali. Perkembangan sel yang tidak terkendali dapat menyerang seluruh tubuh dan membahayakan jiwa penderitanya. Bahkan, menurut WHO kanker menduduki peringkat kedua untuk penyakit tidak menular yang paling mematikan di dunia.

source: http://obat-online.com/perbedaan-kanker-dengan-tumor/

Salah satu kanker yang paling banyak menyerang wanita adalah kanker payudara. Setiap 1 dari 8 wanita berpotensi terkena kanker payudara. Penyakit ini memang umumnya menyerang penderita yang berusia lebih dari 40 tahun namun adanya pergeseran gaya hidup dan perubahan kondisi lingkungan membuat penyakit ini bisa menyerang siapa saja termasuk yang berusia 20 tahun.

Sebagai upaya pencegahan, tidak ada salahnya untuk meningkatkan self awarness terhadap kanker payudara dengan melakukan deteksi dini. Hal ini bertujuan apabila ditemukan sesuatu hal yang bersifat abnormal maka dapat segera ditangani oleh pihak medis. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk deteksi dini kanker payudara adalah SADARI. Eits, apa itu SADARI?

 

"Begitu perempuan masuk usia remaja, mulai usia 18 tahun dan di atas usia 20 tahun wajib melakukan periksa payudara sendiri (Sadari). Kalau mulai ada kelainan di payudara, segera USG," ujar dr. Hardinah Sabrida, MARS, dokter spesialis deteksi dini RS Kanker Dharmais.
source: http://lifestyle.okezone.com/read/2016/10/12/481/1512777/deteksi-kanker-payudara-wajib-dilakukan-sejak-remaja

SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri adalah sebuah pemeriksaan gratis yang bisa dilakukan sendiri di rumah untuk melihat apakah ada benjolan atau kondisi abnormal lainnya pada bagian payudara.

 

baca juga
"Lakukan SADARI sebulan sekali setelah menstruasi karena saat itu hormon sedang beristirahat. Jangan melakukannya sebelum mens karena biasanya di sekitar payudara akan benjol semua. Lakukan SADARI ini sebelum Anda mandi," ujar dr. Hardinah Sabrida, MARS, dokter spesialis deteksi dini RS Kanker Dharmais.
source: https://cantik.tempo.co/read/news/2016/10/14/332812320/yuk-deteksi-dini-kanker-payudara-dengan-cara-berikut



Bagaimana sih cara melakukan SADARI? 

source: http://id.wikihow.com/Mengetahui-Apakah-Anda-Mengidap-Kanker-Payudara
baca juga



1. Pengamatan melalui cermin

Berdirilah dengan tegak di depan cermin tanpa menggunakan kaus maupun pakaian dalam. Lalu amati secara seksama ada tidaknya perubahan atau kondisi abnormal pada payudara yang meliputi, tekstur permukaan kulit payudara menyerupai kulit jeruk (berkerut), terjadi perubahan pada bagian puting berupa pembengkakan, penyusutan, gatal, kemerahan, atau hypersensitive, dan muncul tidaknya cairan dari puting yang bisa berupa darah, bening, atau kuning.



2. Pemeriksaan dengan tangan saat berdiri
 

Jika tadi hanya mengamati secara visual kali ini masih dalam posisi yang sama namun menggunakan bantuan tangan. Angkat lengan kanan ke belakang kepala lalu gunakan jari-jari tangan kiri untuk melakukan perabaan pada payudara sebelah kanan dengan gerakan spiral dari atas ke bawah hingga mengerucut ke tengah puting. Lakukan cara serupa pada payudara sebelah kiri. Cara ini dilakukan untuk merasakan ada tidaknya benjolan pada payudara.
 



3. Pemeriksaan dengan tangan saat berbaring
 

Berbaringlah pada permukaan yang datar dan letakkan bantal di bawah pundak kanan saat ingin melakukan perabaan payudara sebelah kanan. Kemudian letakkan lengan kanan di belakang kepala. Raba payudara kanan menggunakan jari - jari tangan kiri dengan sedikit tekanan secara melingkar mulai dari bagian payudara kanan yang paling mendekati ketiak hingga ke bagian yang semakin mendekati puting. Lakukan hal yang sama untuk payudara sebelah kiri.



Tips:
Usahakan melakukan pemeriksaan SADARI setiap bulan dan lakukan dengan tenang agar hasil yang didapatkan maksimal. Saat melakukan perabaan gunakan bagian ujung jari karena lebih sensitif. Jika ditemukan kelainan pada payudara maka segera konsultasi dengan pihak medis untuk menentukan langkah selanjutnya.